Pemprov Sulsel Usul Gunakan Teknologi Modifikasi Cuaca

Jum'at, 06 Januari 2023 - 04:12 WIB
loading...
A A A


Menurutnya, dalam paya pencegahan yang bisa diterapkan saat ini, yakni merelokasi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, hingga memerhatikan pohon-pohon besar yang ada di sekitar pemukiman dan jalan yang kemungkinan rawan tumbang.

"Pemerintah harus hadir di mana saja untuk meringankan beban masyarakat. Jadi kita menyarankan agar dalam cuaca ekstrem ini, menghindari dulu hal-hal yang berpotensi terjadinya bencana," katanya.

Adapun teknologi modifikasi cuaca yaitu merupakan teknologi untuk mengendalikan sumber daya air di atmosfer. Teknologi tersebut bekerja dengan cara menggunakan pesawat yang dihantarkan bahan semai berupa NaCL ke awan melalui udara.



Teknologi ini berguna mengurangi curah hujan di daerah tertentu demi meminimalkan bencana alam yang diakibatkan iklim. Teknologi ini disebut memiliki dampak luar biasa dalam mencegah potensi banjir akibat curah hujan tinggi.

"Beberapa waktu lalu, sejumlah daerah seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat juga menggunakan teknologi ini untuk mengurangi intensitas hujan," tukasnya.

Sebelumnya, dua warga di Puri Pattene Permai, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanayya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dilaporkan meninggal dunia usai tertimpa pohon tumbang, pada Rabu (4/1/2023) lalu. Mereka merupakan satu keluarga.

Satu keluarga tersebut tertimpa pohon tumbang saat berada di dalam rumah. Ada tiga orang yang menjadi korban yakni Mutia (8), Zaki (2), dan Nurasiah (45). Namun nyawa Mutia dan Nurasiah tidak selamat.

"Yang selamat hanya anak umur 2 tahun yang lebih dulu diselamatkan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)