Kisah Panembahan Senopati, Bikin Siasat Gelar Pesta Miras untuk Taklukkan Pejabat Pajang

Senin, 02 Januari 2023 - 05:38 WIB
loading...
Kisah Panembahan Senopati, Bikin Siasat Gelar Pesta Miras untuk Taklukkan Pejabat Pajang
Panembahan Senopati. Foto/Dok. kebudayaan.jogjakota.go.id
A A A
Berbagai siasat dilakukan Panembahan Senopati, untuk melawan Kerajaan Pajang. Pendiri Kerajaan Mataram Islam ini juga bersiasat menggelar pesta minuman keras (Miras) bersama wanita-wanita cantik, untuk memuluskan rencananya melawan Kerajaan Pajang.



Strategi pesta miras bersama wanita-wanita cantik tersebut digelar Panembahan Senopati, saat melakukan pengadangan terhadap para pejabat istana dan menteri dari Kerajaan Pajang, saat tiba di Mataram.

Siasat pengadangan terhadap pejabat dan menteri penarik pajak ini dikisahkan Peri Mardiyono, dalam bukunya yang berjudul "Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati Hingga Amangkurat II".



Para pejabat istana dan menteri tersebut, sebenarnya ditugasi Raja Pajang untuk menarik pajak dan upeti ke daerah-daerah bawahannya.



Pengadangan dilakukan Panembahan Senopati, saat para pejabat dan menteri Kerajaan Pajang tersebut datang dari daerah Kedu, dan Bagelen, hendak menuju pusat Kerajaan Pajang untuk mengantarkan upeti.

Untuk menuju pusat Kerajaan Pajang, para menteri dan pejabat pajak itu harus melewati wilayah Mataram. Di situlah siasat dilakukan oleh Panembahan Senopati. Para menteri itu dihentikan, dan diajak ke rumahnya.

Saat berada di rumah Panembahan Senopati, para menteri dan pejabat pajak dari Kerajaan Pajang, dijamu dengan istimewa. Mereka diajak berpesta pora, dengan makan-makanan enak, dan miras. Para wanita dan selir cantik juga disuruh untuk menghibur para menteri itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3428 seconds (0.1#10.140)