Kronologi Penangkapan Mandor Kapal China Pembunuh ABK dalam Frezer

Minggu, 12 Juli 2020 - 08:16 WIB
loading...
Kronologi Penangkapan Mandor Kapal China Pembunuh ABK dalam Frezer
Bareskrim Polri dan Polda Kepulauan Riau menangkap pelaku penganiayaan terhadap Hasan Apriyadi, ABK Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 yakni Song Chuanyun (50). Foto Ist
A A A
BATAM - Tim Gabungan Satgas TPPO Bareskrim Polri dan Polda Kepulauan Riau menangkap pelaku penganiayaan terhadap Hasan Apriyadi, ABK Kapal Ikan China Lu Huang Yuan Yu 118 yakni Song Chuanyun (50). Pelaku sebagai Supervisor Kapal Lu Huang Yuan Yu 118, Shandong Sheng Chang Shan Xian Jin Lin Zhen An Le Zhuang Cun 578 Hao.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Ferdy Sambo mengatakan, pelaku ditangkap di atas Kapal Lu Huang Yuan Yu 118 yang berlabuh di Dermaga Lanal Batam pada Jumat, 10 Juli 2020. Menurut dia, tindak pidana penganiayaan terjadi antara Januari sampai Juli 2020 di kapal tersebut.

“Tersangka dan barang bukti telah diamankan di Ditreskrimum Polda Kepri untuk penyidikan lebih lanjut,” kata Ferdy pada Sabtu, 11 Juli 2020. (Baca: Jenazah WNI Dalam Frezer di Kapal China Ternyata Tewas Dianiaya)

Menurut dia, barang bukti yang disita berupa satu pasang sepatu safety merk QA SHOES warna hitam dengan bercak cat, satu buah kunci pas nomor 24 merk Jiang Hua, satu buah tongkat kayu, satu bandul pancing yang terbuat dari besi.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan rumusan Pasal 351 ayat 3 subsider ayat 2, lebih subsider ayat 1 KUHPidana,” ujarnya.

Ferdy menjelaskan, kronologi pengungkapan kasus penemuan jenazah Hasan dan dievakuasi dari Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118. Awalnya, penyidik memeriksa secara intensif kepada 12 orang korban WNI ABK Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 117.

Kemudian, kata Ferdy, penyidik gabungan melakukan pemeriksaan terhadap jasad korban dilanjut olah TKP terjadinya dugaan penganiayaan kepada Hasan di Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 pada Kamis malam, 9 Juli 2020.

“Hasil olah TKP di Kapal Ikan Asing China Lu Huang Yuan Yu 118 dan interogasi 4 orang ABK, yakni Deni Maulana, Rahmad Abidin, Durahim dan Agus bahwa terjadi penganiayaan terhadap korban di haluan kapal dan robot pancing saat melakukan pekerjaan,” katanya.

Sementara, Ferdy mengatakan pemeriksaan jasad korban bahwa hasil swab PCR terkait COVID-19 dinyatakan negatif. Kemudian bibir bagian dalam ada memar, punggung luka memar, dada memar, depan telinga kiri ada bekas luka, kelopak mata kanan ada bekas luka, pipi kanan bekas luka serta tidak tampak dan tidak teraba patah tulang.

“Pada pemeriksaan jenazah laki-laki ini ditemukan memar-memar pada bibir, dada dan punggung akibat kekerasan tumpul. Dimana yang melakukan pemukulan terhadap korban adalah mandor pada kapal bernama Mr Song dengan kaki dan tangan,” tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)