Tokoh Jawa Barat KH Ahmad Sanusi Dianugerahi Pahlawan Nasional

Kamis, 03 November 2022 - 18:08 WIB
loading...
Tokoh Jawa Barat KH Ahmad Sanusi Dianugerahi Pahlawan Nasional
Tokoh Jabar, KH. Ahmad Sanusi ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Foto/Dok. smkpui-jtb
A A A
BANDUNG - Tokoh Jawa Barat, KH Ahmad Sanusi dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah. Semasa hidupnya, KH Ahmad Sanusi memiliki kiprah dan jasa yang besar untuk kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Profil dr Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno yang Dianugerahi Pahlawan Nasional

Salah satu peran KH Ahmad Sanusi, adalah sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dia dikenal sebagai tokoh Islam, yang turut memperjuangkan Pancasila sebagai dasar negara.



"Dari semula ada sisi kanan ingin menjadikan negara Islam, sisi kiri menjadikan negara sekuler. Kemudian diambil jalan tengah, lahirlah ideologi Pancasila sesudah menyetujui pencoretan tujuh kata di Piagam Jakarta," ujar Menkopolhukam, Mahfud MD dalam keterangan resmi Humas Pemprov Jabar, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Tabrakan Maut di Jalur Banda Aceh-Medan, 2 Mahasiswa Kedokteran dan 1 Pelajar Tewas

Dalam keterangan tertulis tersebut, Mahfud MD juga mengatakan, telah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, untuk melaporkan rencana penganugerahan gelar pahlawan nasional ini.

"Hari ini, Bapak Presiden sesudah berdiskusi dengan kami, dengan Dewan Gelar dan Tanda-tanda Kehormatan, memutuskan tahun ini memberikan lima gelar (pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa," katanya.

Menurut Mahfud MD, kelima tokoh bangsa tersebut dinilai telah ikut berjuang mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui perjuangan kemerdekaan, dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan. "Sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," katanya.

Baca juga: Video Pria Dugem Bersama Wanita-wanita Seksi Gemparkan Aceh Tengah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1971 seconds (11.210#12.26)