Keren, Produk Khas Hulu Sungai Utara Laku Keras di JCC

Selasa, 27 September 2022 - 13:16 WIB
loading...
A A A
Ketua harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan wujud nyata pengembangan usaha kriya sekaligus melestarikan budaya seluruh Indonesia. Setidaknya ada 147 peserta pameran yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu ada juga 13 stan dari kementerian, 15 stan dari asosiasi yayasan, 13 stan sponsor, dan 13 stan dari peserta mandiri.

Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara 2022 dibuka secara resmi oleh Pembina Dekranas, Iriana Jokowi. Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Ketua Harian I Dekranas Loemongga Agus Gumiwang dan jajaran pengurus Dekranas lainnya.

Dalam kesempatan yang lain Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara Erlian Noor Fauziah Husairi menyampaikan dalam Pameran Kriya Nusa tahun 2022 kali ini Dekranasda Hulu Sungai Utara menampilkan berbagai produk khas banua hulu sungai utara diantaranya sasirangan, purun, enceng gonduk dan rotan.

Sasirangan yang ditampilkan merupakan produk dari pewarna alami sehingga mempunyai corak dan qarna yang indah khas dari alam kalimantan, adapun berbagai produk purun menampilkan berbagai tas dan topi sedangkan ilung atau enceng gondok ditampilkan berbagai produk tas dan karpet serta furnitur.

Produk tas ilung ini sudah melewati proses yang panjang sehingga menghasilkan sebuah produk tas yang mempunyai tampilan ynag tidak kalah dengan tas - tas branded yang di jual di mall - mall. Stan dekranasda kab. Hulu Sungai Utara semenjak dibukanya gelaran Kriya Nusa pada Rabu kemarin, selalu dipenuhi oleh pengunjung.

Mereka ngin melihat dan membeli berbagai produk yangda di stan tersebut hal ini terlihat dari omset penjualan yang mencapai angka Rp30 juta lebih. Produk yang digemari oleh pengunjung stan ialah sasirangan dan tas ilung. Hal ini yang juga diapresiasi oleh Ketua Umum Dewan kerajinan Nasional Wurry Ma'ruf amin saat mengunjungi stan Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sementara itu Plt. Bupati Hulu Sungai Utara Husari Abdi ,Lc yang berkesempatan berhadir dalam acara pameran Kriyanusa kerajinan Nusantara menyampaikan apresiasi dan bangga dengan Dekranasda dan Disperindagkop Hulu Sungai Utara yang telah berusaha untuk menampilka produk - produk khas daerah Hulu Sungai utara. Ia berharap melalui kegiatan pameran ini dapat menambah tahu orang lain terutama di luar Hulu Sungai Utara bahwa di sana ada produk - produk lokal yang berstandar internasional sehingga menambah daya promosi dan jual kabupaten Hulu Sungai Utara di kancal nasional.

Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara dilaksanakan pada 21 sampai dengan 25 September 2022 di Balai Sidang JCC Jakarta dengan mengusung tema "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" .
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)