BGRM RI Gelar Forum Konsultasi Penyusunan RPKP di HSU

Senin, 04 September 2023 - 14:07 WIB
loading...
BGRM RI Gelar Forum Konsultasi Penyusunan RPKP di HSU
BRGM RI gelar Forum Konsultasi Rencana Pembangunan Kawasan Pedesaan di HSU. (Foto: dok Pemkab Hulu Sungai Utara)
A A A
BANJARBARU - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia menggelar Forum Konsultasi Rencana Pembangunan Kawasan Pedesaan (RPKP) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tahun 2024-2028.

Bertempat di Hotel Grand Dafam, Banjarbaru, Jumat (1/9/2023), turut hadir acara itu, Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Sayuti Enggok, Kepala Sub Kelompok Kerja Kelembagaan dan Kemitraan BRGM Dermawati Sihite. Kepala Bappeda Kalsel, Ariyadi Noor, Kepala DPMD Kalsel, Siti Norbayah, Sekretaris Daerah HSU, Adi Lesmana dan para pejabat dilingkup Pemkab HSU.

Dalam kesempatan tersebut, Dermawati Sihite, Kepala Sub Kelompok Penguatan Kelembagaan dan Kemitraan di BRGM RI, menjelaskan bahwa sebagal lembaga non-struktural, BRGM memiliki tanggung jawab langsung kepada Presiden sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yang diatur dalam Perpres Nomor 120 tahun 2020, yaitu mempercepat proses restorasi gambut dan mangrove.

Selain perwakilan dari Pemerintah Kabupaten HSU, BRGM juga mengundang perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kalsel dalam upaya meningkatkan sinergi perencanaan antara tingkat kabupaten dan provinsi.

Hal ini bertujuan agar Kabupaten HSU dapat menjadi bagian dari program strategi nasional untuk pengembangan kawasan pedesaan berbasis agrominapolitan.

"Untuk itu BRGM ini sangat berkepentingan agar masyarakat HSU yang berada di gambut dapat diberdayakan sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka sekaligus merawat gambutnya agar tetap lestar," ucap Dermawati.

Oleh karena itu, melalui program "Desa Mandiri Peduli Gambut" dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, ia berharap partisipasi aktif dari pemerintah daerah, provinsi, dan pusat dalam kerja sama bersama untuk meningkatkan perekonomian di desa sekaligus melakukan restorasi lahan gambut yang rentan terbakar.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Ariyadi Noor, mengungkapkan bahwa revitalisasi lahan gambut menjadi fokus utama. Dia berharap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dapat meningkat, sambil memperhatikan isu kemiskinan dan pengangguran di HSU, serta indikator lainnya.

"Posisi HSU dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) saat ini berada di peringkat ke-8, artinya dibeberapa sektor yang perhatikan untuk meningkatkan ekonomi dengan mengangkat pariwisata yang ada di sana. Dan saya berharap untuk HSU bisa lebih baik lagi dengan adanya BRGM masuk desa di 2024-2028," tuturnya.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)