Keren, Produk Khas Hulu Sungai Utara Laku Keras di JCC

Selasa, 27 September 2022 - 13:16 WIB
loading...
Keren, Produk Khas Hulu Sungai Utara Laku Keras di JCC
Foto: Doc. Pemkab Sungai Hulu Utara
A A A
JAKARTA - Hulu Sungai Utara yang mempunyai luas wikayah rawa yang sangat berlimpah memberikan berkah tersendiri bagi daerah yang terletak di utara Provinsi Kalimantan Selatan ini. Berbagai flora dan kearifan lokal yang terbentuk sejak dahulu kala menjadikan masyarakat Hulu Sungai Utara terbiasa untuk memanfaatkan segala yang ada di rawa untuk menopang kehidupan sehari - hari.

Dari pemanfaatan hasil rawa yang baik munculah produk-produk lokal khas daerah Hulu Sungai Utara seperti kain sasirangan, purun, enceng gondok atau ilung dan rotan yang terus dipromosikan pada ajang nasional bahkan internasional.

Kali ini produk lokal khas Kabupaten Hulu Sungai Utara hadir dalam pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) yang dibuka pada Rabu (21/9/2022).

Seperti yang diketahui Pameran Kriyanusa merupakan sebuah ajang dalam memperkenalkan dan memamerkan produk-produk kriya buatan dalam negeri yang memiliki aspek budaya yang diperlihatkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Sehingga hasil kriya tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai komoditas industri yang memiliki daya saing dan bernilai ekonomi tinggi.

Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara kembali dihelat di Hall A Balai Sidang JCC mulai 21 hingga 25 September 2022. Mengusung tema "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" pameran ini seolah menjadi sinyal kebangkitan industri kriya di Indonesia

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin menyampaikam dal.sambutannya, pameran Kriyanusa 2022 menjadi perwujudan nyata bahwa produk kriya dalam negeri masih mampu bangkit dan eksis. Ia juga optimistis, pameran ini bisa menjadi ruang strategis dalam mempromosikan produk-produk kriya dari berbagai daerah di Indonesia

Tema acara sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Seperti yang diketahui kita melewati dua tahun yang menantang selama pandemi, ini jadi ujian buat kita semua terutama perajin kriya. Momen ini harus dimanfaatkan sebagai ajang promosi.

Pandemi telah mengubah banyak hal tak terkecuali industri kriya. Karena itu, dia meminta perajin kriya untuk terus berinovasi, kreatif, dan meningkatkan daya saing produk.

"Kunci daya saing itu kita harus kreatif. Produknya juga harus berkualitas, proses produksi efisien, ramah lingkungan, berbasis budaya atau tradisi masing-masing daerah. Dengan demikian, perajin bisa bikin karya unik, sesuai selera pasar namun harganya tetap terjangkau," kata Wury.

Ia kemudian mengajak masyakarat untuk mengunjungi pameran Kriyanusa 2022, dan turut mendukung gerakan bangga produk Indonesia. "Saya juga minta dukung gerakan bangga produk Indonesia. Gerakan ini menjadi antisipasi persaingan pasar global," kata Wury.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)