Imunisasi Campak dan Rubella di Sulsel Capai 69 Persen

Kamis, 18 Agustus 2022 - 23:30 WIB
loading...
Imunisasi Campak dan Rubella di Sulsel Capai 69 Persen
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAKASSAR - Persentase imunisasi campak dan rubella di Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah mencapai 69 persen pada momen Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Capaian itu menempatkan Sulsel berada di urutan kedua di luar Pulau Jawa setelah Lampung

Berdasarkan data kabupaten/kota, capaian pemberian Vaksin MR (Measles and Rubella) tertinggi terlihat pada Kabupaten Pinrang dengan capaian 99,35 persen, disusul Kabupaten Barru dengan 98 persen dan Kabupaten Luwu dengan 97,33 persen.

Baca juga:Capaian Imunisasi Anak di Kabupaten Pinrang Tertinggi di Sulsel

Meski capaian itu sudah cukup baik, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Erwan Tri Sulistyo mengungkapkan, pihaknya tetap menggenjot vaksinasi MR agar bisa melampaui target yang ditetapkan, yakni sebanyak 95 persen pada BIAN ini.

Beberapa kabupaten/kota, kata Erwan, benar-benar melibatkan lintas sektor untuk mempercepat pencapaian target. Misalnya di tiga kabupaten tersebut, pemda bekerja sama dengan tim penggerak PKK, Dinas Pendidikan hingga Kementerian Agama.

"Mereka betul-betul solid terlibat sehingga langsung cepat bisa untuk mengejar target 95 persen," ungkap Erwan.

Di sisi lain, yang cukup mengejutkan adalah Makassar yang berada pada persentase terendah dengan capaian yang baru di angka 52,73 persen.

Baca juga:Viral! Balita Dikasih Obat Kedaluwarsa usai Imunisasi, Kenali Bahayanya

Erwan mengakui bahwa memang terjadi ketidakmerataan pada capaian ini. Khusus di Makassar, Erwan menyebut kemungkinan hal itu dikarenakan sasaran vaksinasi yang juga lebih banyak dari kabupaten lainnya.

"Tentu kalau misalnya dikaitkan dengan jumlah sasaran, memang Kota Makassar jumlah sasarannya banyak sekali. Kendala juga waktu libur sekolah," katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1365 seconds (10.55#12.26)