Usai Upacara HUT RI, Ratusan Siswa di Makassar Konvoi Ugal-Ugalan

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:24 WIB
loading...
A A A
Dia membeberkan jika pihak sekolah sudah memberikan informasi sebelumnya bahwa usai upacara, siswa harus dijemput oleh orang tua masing-masing. Hanya saja, Lirasti enggan mengambil risiko lantaran dirinya juga mengikuti upacara di tempatnya bekerja.



"Daripada anak ku diajak temannya pergi konvoi, mending di rumah saja. Mungkin anak ku tidak mau ikut konvoi, tapi siapa tahu ada temannya yang memaksa. Kebetulan saya juga ikut upacara di kantor, ketentuan sekolah kan siswa boleh pulang tapi dijemput orang tua, jangan sampai saya terlambat menjemput, akhirnya dia ikut konvoi ," beber Lirasti.

Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan pun dianggap kecolongan akan hal ini. Pasalnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Setiawan Aswad mengaku sudah meminta setiap sekolah dan Dinas Pendidikan di setiap daerah agar menyiapkan langkah antisipasi agar konvoi itu tidak dilakukan.

"Sudah disampaikan kepada kepala sekolah, cabang dinas semua untuk mengantisipasi, ternyata ada (konvoi). Itu sudah diminta supaya sekolah menghubungi keluarga dan orang tua siswa agar anaknya tidak mengikuti konvoi," ungkapnya.

Setiawan berujar, dirinya bahkan sudah menekankan agar pihak sekolah memberikan kegiatan positif usai upacara agar siswa tak langsung meninggalkan sekolah dan melakukan aktivitas yang membahayakan.



Akibat hal ini, dirinya bakal menelusuri informasi lebih lanjut terkait siswa yang turut serta dalam konvoi. Termasuk meminta pihak sekolah memberikan sanksi jika ada siswanya yang terlibat.

"Kalau tindakannya tidak melanggar hukum, kami akan beri edukasi supaya kesalahannya tidak diulang. Tapi kalau mereka terlibat pada kegiatan yang bisa jadi ikut membahayakan orang lain, nanti akan ada pembinaan khusus," pungkasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2813 seconds (0.1#10.140)