Usai Upacara HUT RI, Ratusan Siswa di Makassar Konvoi Ugal-Ugalan

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:24 WIB
loading...
Usai Upacara HUT RI, Ratusan Siswa di Makassar Konvoi Ugal-Ugalan
Ratusan siswa SMA sederajat di Kota Makassar konvoi usai pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Foto: Sindonews/Syamsi Nur Fadhila
A A A
MAKASSAR - Ratusan siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Kota Makassar, melakukan konvoi di jalan raya usai pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Arak-arakan kendaraan mereka terpantau melintas di ruas Jalan Penghibur dan Jalan Ahmad Yani sekitar pukul 14.20. Mereka terus menerus menggeber motor dan bersikap ugal-ugalan hingga mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain.

Baca Juga: HUT RI, Irjen Kemenkumham Deklarasi Pengawasan Internal Bermatabat

Sehari sebelumnya, beredar informasi bahwa para siswa akan melaksanakan konvoi kendaraan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Dalam informasi itu, tertera jika titik kumpul dipusatkan di belakang SMK Negeri 8 Makassar, Jalan Batu Putih.

"Rute akan disampaikan pada saat para pelajar sudah berkumpul. Peserta yang ikut dalam konvoi kendaraan wajib menggunakan seragam sekolah dan membawa kendaraan masing-masing," demikian bunyi petikan informasi yang diperoleh.

Dikonfirmasi terpisah, Guru Kejuruan Usaha Perjalanan Wisata SMKN 8 Makassar, Arsindah Damayanti menegaskan jika tak ada aktivitas berkumpulnya siswa di sekitar SMKN 8 usai pelaksanaan upacara HUT RI.

"Saya dari pagi sampai sore ada di sekolah dan sudah cek baik-baik di depan sekolah maupun di belakang sekolah. Tidak ada kumpul-kumpul anak sekolah," ungkapnya.

Namun, Chinda, sapaan akrabnya, mengaku jika memang dirinya mengetahui rencana aksi tersebut. Oleh karena itu, pihak sekolah mengambil langkah antisipasi dengan melibatkan pihak kepolisian yang berpakaian preman untuk berjaga.

"Kami pihak SMKN 8 langsung menindaklanjuti dengan melakukan penjagaan, dan tadi pagi juga saat upacara, kepala sekolah sudah memperingatkan siswa untuk tidak ikut dalam konvoi tersebut," tegasnya.

Salah satu orang tua siswa SMA Negeri 17 Makassar, Lirasti mengaku jika dirinya tak mengizinkan anaknya untuk ke sekolah usai memperoleh informasi itu. Bahkan, anaknya pun tak mengikuti upacara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1955 seconds (11.210#12.26)