Aparat Gabungan Buru Bandar Pembalakan Liar di Hutan Kalimantan

Minggu, 28 Juni 2020 - 10:21 WIB
loading...
Aparat Gabungan Buru Bandar Pembalakan Liar di Hutan Kalimantan
Tim gabungan berhasil membongkar pembalakan liar di wilayah Kabupaten Mempawah, kalimantan Barat. Foto/SINDOnews/Gusti Eddy
A A A
PONTIANAK - Tim gabungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama TNI, masih memburu penyandang dana aksi pembalakan liar yang berhasil dibongkar di Kawasan Hutan Lindung dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Pendidikan.

(Baca juga: Buronan Cukong Illegal Logging Dibekuk Tim Gabungan )

KHDTK Pendidikan yang dikelola Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat tersebut, digasak oleh orang-orang tidak bertanggungjawab untuk diambil kayunya secara ilegal.

Pada Sabtu (27/6/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB, tim gabungan berhasil membekuk cukong pembalakan liar, yang diketahui berinisial EK warga Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dalam penggrebekan ini, tim gabungan juga melibatkan aparat TNI, karena ada dugaan aksi pembalakan liar tersebut dibekingi oknum TNI, yang mengakibatkan aksi pembalakan liar tersebut sulit tersentuh dalam penindakan hukum.

Dari hasil penelusuran SINDOnews, warga setempat mengungkap adanya nama pemodal besar dalam kasus pembalakan liar ini. Yakni berinisial Al, Ap, serta Mt yang hingga kini belum tersentuh hukum.

Kasus pembalakan liar di tengah hutan lindung yang ada di wilayah Kabupaten Mepawah tersebut, diduga sudah terjadi sejak lama, namun para pelakunya sangat licin serta tak tersentuh hukum.

(Baca juga: Sebulan Penuh Ribuan Rumah di 5 Kecamatan di Wajo Terendam Banjir )

Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai, Brigjen TNI Ronny menyebutkan, dalam penggrebekan yang dilakukan tim gabungan tersebut, ada 10 tersangka yang berhasil dibekuk. "Mereka ditangkap di tiga tempat berbeda, dan ditemukan kayu log sebanyak 236 batang, serta gergaji mesin," ungkapnya.

Jenderal bintang satu ini mengatakan, dari 10 tersangka yang ditangkap, tiga di antaranya tertangkap saat sedang melansir kayu olahan yang diduga hasil pembalakan liar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3395 seconds (0.1#10.140)