Survei LSI: Elektabilitas Edi-Bahasan di Pilkada Pontianak Tembus 70%

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 10:49 WIB
loading...
Survei LSI: Elektabilitas...
Lembaga survei LSI Denny JA merilis elektabilitas paslon di Pilkada Pontianak. Hasilnya, pasangan Edi Rusdi Kamtono-Bahasan elektabilitas mencapai 70,7%. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
PONTIANAK - Lembaga survei LSI Denny JA merilis elektabilitas pasangan calon (paslon) di Pilkada Pontianak, Kalimantan Barat. Hasilnya, pasangan petahana Edi Rusdi Kamtono-Bahasan (Edi-Bahasan) elektabilitas mencapai 70,7%.

Sedangkan pasangan Mulyadi-Harti Hartidjah memperoleh dukungan sebesar 16%. Sementara mereka yang belum menentukan pilihan hanya tersisa 13,3%.



Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengungkapkan jika pemilih yang telah menentukan pilihan dikurangi jumlahnya dengan mereka yang masih ragu dengan pilihannya, pemilih militan Edi-Bahasan masih mencapai 65%. Sementara pemilih militan Mulyadi-Harti sebesar 6,7%.

"Jika dihitung dari pemilih militan saja, maka mereka yang belum menentukan pilihan ditambah dengan mereka yang masih ragu tersisa hanya sebesar 28,3%. Jika kita berasumsi semua pemilih yang tersisa (swing voter) 28,3% memilih pasangan Mulyadi-Harti, pasangan Edi-Bahasan tetap berpotensi menang besar," ujar Adjie Alfaraby, Jumat (11/10/2024).



Lalu bagaimana dukungan kedua pasangan kandidat wali kota dan wakil wali kota di lima kantong pemilih penting? Pertama, di kantong pemilih agama. Di pemilih Islam, pasangan Edi-Bahasan memperoleh dukungan sebesar 73,3%, sementara pasangan Mulyadi-Harti memperoleh dukungan sebesar 13%.

Sementara di pemilih non Islam, pasangan Edi-Bahasan memperoleh dukungan sebesar 60,1%, sementara pasangan Mulyadi-Harti memperoleh dukungan sebesar 28,2%.



"Mereka yang belum menentukan pilihan di pemilih Islam sebesar 13,7%. Dan mereka yang belum menentukan pilihan di pemilih non Islam hanya tersisa sebesar 11,7%," ujarnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)