Gubernur Sulsel Dampingi Menko PMK Sukseskan Penanaman 10 Juta Pohon

Selasa, 26 Juli 2022 - 20:47 WIB
loading...
Gubernur Sulsel Dampingi Menko PMK Sukseskan Penanaman 10 Juta Pohon
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, pada kegiatan penanaman pohon di Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa (26/07/2022). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, pada kegiatan penanaman pohon di Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa (26/07/2022).

Sebagaimana diketahui, Kemenko PMK menggandeng Unhas Makassar untuk menyukseskan penanaman 10 juta pohon di wilayah Sulawesi Selatan dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).



Program penanaman pohon tersebut menyasar pada jenis pohon buah, tanaman keras, pohon penghijauan serta mangrove. Penanaman pohon akan dilakukan pada berbagai lokasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Lokasi tersebut meliputi area kritis seperti bekas pertambangan dan daerah aliran sungai, area hutan, area umum pemukiman dan fasilitas publik serta area sekolah atau perguruan tinggi.

Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan internasional Disaster Preparedness and Disaster Risk Reduction (DPDRR) yang dilaksanakan di Denpasar bulan Mei 2022 lalu. Dalam kegiatan ini salah satunya membahas tentang kebencanaan dan bagaimana mengurangi resiko bencana, termasuk pemanasan global.

"Waktu itu kemudian kita mencanangkan untuk program berkelanjutannya, yaitu penanaman 10 juta pohon. Alhamdulillah dari 4 kampus yang mempelopori, yaitu USU, UNS, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Ini kita harapkan akan terus diikuti oleh perguruan tinggi lainnya," kata Muhadjir.

Ia berharap agar setiap mahasiswa dapat ikut terlibat dalam rangka revolusi mental menanam. "Kita hindari mental menebang, membabat hutan, tetapi dialihkan menjadi lebih suka menanam. Menanam pohon ini bagian dari menanam kebaikan", harapnya.

Di tempat yang sama, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa yang mengajak semua pihak untuk menanam dan memelihara tanaman bersama-sama. Dirinya pun siap memantau pohon-pohon yang ditanam di lingkungan Unhas .

"Mahasiswa kami kan banyak, ada 45 ribu mahasiswa yang bisa membantu untuk memelihara itu, mungkin nanti mahasiswa baru juga kita akan coba wajibkan untuk menanam dan memelihara pohon," ungkap Jamaluddin.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk menyukseskan kegiatan penanaman pohon tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8217 seconds (0.1#10.140)