Peduli Lingkungan Bagikan Daging Kurban Pakai Wadah Non Plastik, Kolaborasi KITA Raih Muri

Minggu, 24 Juli 2022 - 17:04 WIB
loading...
A A A
Ia berharap Program KITA Berbagi2022 tanpa wadah plastik yang dipelopori oleh Kolaborasi KITA ini menjadi awal untuk aktivitas yang lebih besar berikutnya. Menjaga bumi dan menghindarkan lingkungan dari limbah plastik yang semakin membesar volumenya di Indonesia harus menjadi tanggungjawab bersama.

"Sebuah survey menyebutkan hanya 25% populasi di Indonesia yang dianggap peduli terhadap persoalan sampah plastik ini. Kami bangga Kolaborasi KITA menjadi bagian yang 25% itu dan semoga dapat terus terjaga dan menjadi gerakan yang semakin besar," imbuh Hening.

Inisiator Kolaborasi KITA Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan KITA Berbagi2022, dengan tema Bangkit Bersama Menjadi Pemenang merupakan kegiatan yang menyatukan berbagai komunitas dari beragam latar belakang di Indonesia Timur seperti Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst. Komunitas ini terlibat langsung mulai dari pengumpulan dana, pembelian hewan kurban hingga pembagian daging kurban yang semuanya memakai wadah ramah lingkungan.

"Tahun lalu sebenarnya sudah ada beberapa komunitas dan kota yang melakukannya. Tapi tahun ini komitmen kami semua daging kurban di semua kota yang ikut program KITA Berbagi 2022 menggunakan wadah non plastik. Kami bersyukur, Alhamdulillah rencana untuk menggunakan wadah non plastik tersebut berjalan baik," jelasnya.

Gunawan Prasetyo Selaku Penasehat Kolaborasi KITA menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada komunitas berkat totalitas, kreativitas dan kerjasama yang solid dengan berbagai pihak di 87 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

"Kami menyadari, banyaknya paket daging kurban yang dibagikan menggunakan kantung plastik berdampak kurang baik pada kelestarian lingkungan. Hal tersebut akhirnya memicu kami untuk mencoba mengurangi dampak dari material tersebut," .

Suharto selaku Bapak Komunitas Indonesia mengatakan kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa komunitas itu bukan bagaimana sekadar beraktivitas menjalankan hobi, tapi bisa berbuat sesuatu dan bisa menjadi bagian perubahan yang lebih baik.

"Kegiatan ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat untuk terus menjaga alam dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Terimakasih banyak atas kerjasama dan juga dedikasi dari teman-teman komunitas Indonesia Timur karena telah mengupayakan berbagai syarat hingga kita dapat mengadakan kegiatan yang luar biasa, dan juga mendapat Rekor Muri ," jelasnya.

Pihaknya berharap kegiatan KITA ke depan terus berorientasi pada kebaikan dan juga berdampak positif untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.
(msd)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3640 seconds (11.210#12.26)