UNS Gelar Wisuda Drive Thru: Wisudawannya Kendarai Becak, Andong dan Motor Listrik

Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:28 WIB
loading...
UNS Gelar Wisuda Drive Thru: Wisudawannya Kendarai Becak, Andong dan Motor Listrik
Ada yang menarik dan unik saat Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar prosesi wisuda drive thru menyambut era New Normal dengan cara yang unik. (Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo)
A A A
SOLO - Ada yang menarik dan unik saat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar prosesi wisuda drive thru menyambut era New Normal dengan cara yang unik.

Dari prosesi acara ini, wisudawan mengendarai tranportasi ramah lingkungan, seperti motor elektrik, dan mobil elektrik. Tapi ada juga yang mengendari sepeda, becak hingga andong. (BACA JUGA: Menhub: Terminal Tirtonadi Solo Disiapkan Sebagai Youth Center)

Mereka adalah lulusan cumlaude UNS mengenakan toga Wisuda Periode III dalam Wisuda Luring dan Daring secara drive thru dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan, Sabtu (27/6/2020).

Pada Wisuda Luring, sebanyak 15 lulusan cumlaude diwisuda oleh Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho. Mereka dipilih untuk mewakili rekan-rekannya yang mengikuti jalannya wisuda melalui siaran langsung Youtube UNS.

Sembari mengenakan toga wisuda, lulusan cumlaude UNS mengendarai tranportasi ramah lingkungan, seperti becak, andong, sepeda, motor elektrik, dan mobil elektrik.

Transportasi yang mereka kendarai secara beriringan berhenti di depan Gedung dr Prakosa UNS untuk menunggu Prof. Jamal menyampirkan kucir toga wisuda. Selanjutnya, Prof. Jamal beserta Ketua Senat UNS, Prof. Adi Sulistiyono, kembali ke Gedung Auditorium G. P. H. Haryo Mataram untuk mengikuti prosesi pembacaan nama-nama wisudawan.

Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan penyelenggaraan wisuda periode III kali ini merupakan bentuk pengimplementasian physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Berhubung sampai saat ini perkembangan penyebaran wabah Covid-19 di hampir seluruh daerah di Indonesia masih relatif cukup tinggi, sehingga menuntut kita masih harus menerapkan physical distancing dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, maka upacara perhelatan wisuda UNS periode III kali ini pun tetap dilaksanakan secara Luring dan Daring, dan dilengkapi sentuhan kreativitas unik dengan konsep drive thru,” ujar Prof Jamal.

Meski Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19, Prof Jamal mengharapkan lulusan UNS dapat menyesuaikan diri dengan menciptakan gaya hidup baru dan menyesuaikan diri. (BACA JUGA: Menhub: Dewan Beri Catatan Merah Pelaksanaan PPDB SMA/SMK 2020 di Jateng)

“Saya masih percaya dan yakin bahwa dalam suasana pandemi ini, kalian sebagai generasi muda memiliki kapasitas, kemampuan beradaptasi dan menciptakan lingkungan baru yang kondusif dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan,” lanjut Prof. Jamal.

Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengatakan UNS mewisuda 329 wisudawan pada program doktor, magister, pendidikan dokter spesialis, sarjana, dan diploma.

Pada penyelenggaraan wisuda kali ini, turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)