Disnaker Sultra Periksa Visa Kerja 156 TKA Asal China

Jum'at, 26 Juni 2020 - 09:10 WIB
loading...
Disnaker Sultra Periksa Visa Kerja 156 TKA Asal China
Ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) China tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (23/6/2020) malam. Foto/iNews TV/Febriyono Tamenk
A A A
KENDARI - Setelah tiba di Kendari, Sulawesi Tenggara pada pada Selasa malam lalu, 156 tenaga kerja asing (TKA) China gelombang pertama juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan di lokasi karantina serta pemeriksaan dari Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Tenggara.

Dari hasil pemeriksaan petugas tidak menemukan adanya pelanggaran visa yang digunakan 156 TKA. Namun demikian Disnaker Sultra meminta agar pihak perusahaan aktif melaporkan tenaga kerjanya baik tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing sebagai data yang akan disesuaikan dengan dinas tenaga kerja. (BACA JUGA: Letda Kal Dewa Ayu, Load Master Wanita Pertama TNI AU)

Mereka langsung dibawa menuju lokasi tempat kerja mereka untuk menjalani karantina mandiri di lokasi PLTU milik PT. Obsidian Stailess Steel (OSS) yang berlokasi di Kecamatan Morosi, Konawe.

Selanjutnya ke 156 TKA ini juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan dari Dinas Kesehatan Konawe untuk memastikan bebas dari penyakit menular dan Covid -19.

156 TKA China ini merupakan gelombang pertama dari 500 TKA yang akan masuk ke Morosi, Konawe untuk bekerja di dua perusahaan pemurnian nikel PT. VDNI dan PT OSS. (BACA JUGA: Wanita Ini Hampir Diperkosa, Pelaku Sempat Mengaku Suami Korban)

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Tenggara, Saemu Alwi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan yang di lakukan petugas, 156 TKA China memiliki dokumen yang lengkap dengan menggunakan visa 312 yakni visa kerja .

Saat ini tercatat kurang lebih ada 11 ribu orang tenaga kerja lokal dan 700 tenaga kerja asing yang bekerja di dua perusahaan pemurnian nikel tersebut di PT VDNI dan PT OSS.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)