Ujicoba 4 Destinasi Wisata Jelang New Normal, Wisatawan Mulai Sadar Protokol Kesehatan

Kamis, 25 Juni 2020 - 10:20 WIB
loading...
Ujicoba 4 Destinasi Wisata Jelang New Normal, Wisatawan Mulai Sadar Protokol Kesehatan
Mulai Rabu (24/6/2020) kemarin, Pemkab Gunungkidul melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata menjelang New Normal. (Foto/SINDOnews/Suharjono)
A A A
GUNUNGKIDUL - Mulai Rabu (24/6/2020) kemarin, Pemkab Gunungkidul melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata menjelang New Normal .

Wisatawan juga mulai sadar pentingnya protokol kesehatan sebelum memasuki kawasan Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, uji coba hari pertama menjadikan optimisme bagi Pemkab Gunungkidul dan dunia pariwisata pada umumnya. Ini lantaran wisatawan mulai sadar untuk menjalankan protokol kesehatan.

"Mulai masuk TPR misalnya wisatawan juga rela dilakukan pengukuran suhu dengan thermo Gun, kemudian juga memakai masker dan juga jarak aman," terangnya kepada Sindonews, Kamis (25/6 /2020). (BACA JUGA: Tiga Pria di Medan Ini Nekat Mencuri Kabel Arus Listrik Direkam Warga)

Dijelaskannya, untuk hari pertama dua objek wisata pantai dikunjungi hampir 800 wisatawan. Secara detail dalam sehari untuk dua objek wisata tersebut dikunjungi 785 wisatawan." Untuk Gunung api Purba Nglanggeran masih minim, tercatat hanya 49 pengunjung di Gunung Api dan 14 wisatawan untuk embung Nglanggeran, kemudian untuk Cave tubing kali suci masih belum ada pengunjung," ulasnya.

Lebih jauh dari pengamatan dan pemantaun di lapangan untuk standar operasional prosedur (SOP) di pos retribusi pantai sudah berjalan dengan baik dan lancar, ukur suhu tubuh dan pendataan ID pengunjung dilakukan dengan baik. Kegiatan pengunjung di pantai terpantau baik lancar dengan kesadaran pengunjung menggunakan masker.

"Memang ada beberapa yang melepas masker, namun masih dalam posisi menjaga physical distancing. Pengunjung hari pertama didominasi kaum muda," bebernya. (BACA JUGA: Modus Latih Tinju, Guru Gaek Cabuli Murid SMP Sampai Hamil)

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada tim SAR yang berjaga dengan baik di lokasi dan selalu mengingatkan akan protokol kesehatan. Tiap hari pemantauan juga terus dilakukan di empat destinasi wisata sampai akhir masa uji coba pada 30 Juni mendatang.

"Kami ajak ke Gunungkidul dengan menggunakan protokol kesehatan. Namun demikian memang ada batasan jam kunjungan sampai dengan pukul 17.00 WIB," ajak Asti.

Salah satu wisatawan asal Sleman Liluk mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Pantai Kukup. Setelah tiga bulan tidak ada aktivitas keluar, akhirnya bisa menikmati suasana alam dengan keindahan pantai yang bersih.

"Saya datang bersama teman-teman, suasana benar-benar fresh, pokoknya piknik pertama di masa Pandemi ini," tuturnya.
(vit)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4416 seconds (10.101#12.26)