Kisah Ken Umang, Cinta Pertama Ken Arok dan Pejuang Singasari yang Hanya Menjadi Selir

Senin, 06 Juni 2022 - 05:05 WIB
loading...
Kisah Ken Umang, Cinta Pertama Ken Arok dan Pejuang Singasari yang Hanya Menjadi Selir
Candi Telih, yang terletak di lereng Gunung Arjuna, tepatnya di wilayah Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, menjadi saksi bisu cinta Ken Arok dan Ken Umang. Foto/Ist.
A A A
Kisah percintaan Ken Arok dengan Ken Dedes, begitu menggelegar. Bahkan penulis ternama Indonesia, Pramoedya Ananta Toer mengabadikan kisah cinta tersebut dalam sebuah novel berjudul "Arok Dedes".

Baca juga: Kisah Ken Arok Pendiri Kerajaan Singasari, Lahir Dari Hasil Hubungan Gelap

Percintaan yang diwarnai dengan pertumpahan darah hingga tujuh turunan tersebut, menjadi cikal-bakal lahirnya Kerajaan Singasari, yang kemudian menjelma menjadi kerajaan besar di Nusantara.



Ken Arok harus menghabisi nyawa Tunggul Ametung, untuk mendapatkan cinta Ken Dedes. Ken Arok jatuh cinta kepada Ken Dedes, setelah tanpa sengaja melihat cahaya dari kemaluan Ken Dedes. Kala itu, Ken Dedes sudah menjadi istri Tunggul Ametung.

Baca juga: Di Patirtan Ini, Cinta Pandangan Pertama Arok-Dedes Bersemi

Tunggul Ametung yang kala itu menjadi seorang Akuwu Tumapel, di bawah Kerajaan Kadiri, akhirnya tewas bersimbah darah oleh tikaman Ken Arok. Tak main-main, Ken Arok menggunakan Keris Mpu Gandring, untuk menghabisi nyawa suami Ken Dedes.

Terbunuhnya Tunggul Ametung, membuat Ken Arok dapat mempersunting Ken Dedes, dan menguasai wilayah Tumapel. Ken Arok lalu menakhlukkan Kerajaan Kadiri, dan menjelma menjadi raja Kerajaan Singasari, yang didirikannya.

Setelah resmi naik takhta sebagai penguasa Kerajaan Singasari, Ken Arok yang memiliki gelar Sri Rajasa Bathara Sang Amurwabhumi tersebut, menjadikan Ken Dedes sebagai permaisurinya.

Tetapi siapa sangka, cinta pertama Ken Arok justru bukan Ken Dedes. Cinta pertama pendiri Kerajaan Singasari ini, justru jatuh pada seorang gadis yang merupakan saudara angkatnya, yakni Ken Umang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1063 seconds (10.177#12.26)