Cegah PMK, Petugas Puskeswan Maros Periksa Kesehatan Ternak

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:52 WIB
loading...
Cegah PMK, Petugas Puskeswan Maros Periksa Kesehatan Ternak
Petugas dari Puskeswan Maros memeriksa kondisi hewan di salah satu peternakan yang berada di Kecamatan Tompobulu. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Maros mendatangi peternakan di Kecamatan Tompobulu, Selasa (31/5/2022).

Para petugas tampak mengecek kondisi kesehatan hewan di peternakan tersebut untuk memastikan tidak ada yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) .

Baca Juga: PMK
“Hingga saat ini dari hasil pemeriksaan, semua hewan ternak di peternakan ini sehat dan tidak ada gejala yang terjangkit PMK ,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penyakit PMK harus menjadi fokus para pemiliki hewan ternak berkaki empat dan pemerintah saat ini. Pasalnya, penyakit yang disebabkan virus ini belum ada obatnya. Hanya saja bisa dicegah.

Dikarenakan tidak bisa diobati, dia menegaskan pentingnya mencegah dan mengenali ciri-ciri gejala penyakit ini, agar dapat menghindari kerugian yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Menteri Pertanian
“Surat edaran Menteri Pertanian itu, sapi atau hewan yang rentan PMK jika berpindah tempat atau dilalulintaskan harus memiliki dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang ditandatangani dokter hewan berwenang,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dia mengatakan para peternak harus segera melapor ke petugas kesehatan hewan jika terdapat gejala PMK sehingga penanganan bisa dilakukan lebih dini.

Baca Juga: PMK
“Tingkat penularannya sangat cepat. Bentuk penularannya inhalasi dan melalui udara,” katanya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)