Cegah PMK, Petugas Puskeswan Maros Periksa Kesehatan Ternak

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:52 WIB
loading...
Cegah PMK, Petugas Puskeswan Maros Periksa Kesehatan Ternak
Petugas dari Puskeswan Maros memeriksa kondisi hewan di salah satu peternakan yang berada di Kecamatan Tompobulu. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Maros mendatangi peternakan di Kecamatan Tompobulu, Selasa (31/5/2022).

Para petugas tampak mengecek kondisi kesehatan hewan di peternakan tersebut untuk memastikan tidak ada yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) .

Baca juga: 1.464 Hewan Kurban di Maros Disiapkan Jelang Idul Adha Kepala UPTD Puskeswan

Kabupaten Maros, drh Ujistiany Abidin mengatakan, pemeriksaan kali ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran PMK di Kabupaten Maros.

“Hingga saat ini dari hasil pemeriksaan, semua hewan ternak di peternakan ini sehat dan tidak ada gejala yang terjangkit PMK ,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penyakit PMK harus menjadi fokus para pemiliki hewan ternak berkaki empat dan pemerintah saat ini. Pasalnya, penyakit yang disebabkan virus ini belum ada obatnya. Hanya saja bisa dicegah.

Dikarenakan tidak bisa diobati, dia menegaskan pentingnya mencegah dan mengenali ciri-ciri gejala penyakit ini, agar dapat menghindari kerugian yang lebih besar lagi.

Baca juga: Epidemiologis Nilai Tepat Kebijakan Penanganan PMK Pemerintah

“Dengan meningkatkan kondisi kesehatan ternak melalui pemberian vitamin, obat-obatan hewan seperti antibiotik,” jelasnya.

Saat ini pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait surat edaran Menteri Pertanian terkait pengawasan lalu lintas ternak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1625 seconds (10.101#12.26)