Cegah PMK, DPKP Palembang Pantau Distribusi Hewan Kurban

Kamis, 01 Juni 2023 - 11:17 WIB
loading...
Cegah PMK, DPKP Palembang Pantau Distribusi Hewan Kurban
Menjelang Idul Adha 1444 Hijriah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang, melakukan pemantauan persiapan hewan kurban untuk mengantisipasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Foto/MPI/Dede Febriansyah
A A A
PALEMBANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang, memantau distribusi dan peredaran hewan ternak menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Langkah ini dilakukan, untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban.



Kepala DPKP Kota Palembang, Sayuti mengatakan, dari hasil pemeriksaan di lapangan hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus PMK pada hewan kurban. Meskipun begitu, pihaknya akan terus memantau untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi kasus PMK.



"Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita sudah turun ke tempat peternakan untuk memantau hewan kurban yang akan dijual ke masyarakat, dan memastikan kondisinya sehat tidak menderita PMK," ujar Sayuti, Kamis (1/6/2023).



Sejauh ini, lanjut Sayuti, hewan untuk kurban yang ada di peternakan di Kota Palembang sebagian besar dipastikan dalam kondisi aman dan sehat. "Hewan kurban yang akan dijual, sebagian besar aman dikarenakan ada jaminan halalnya dan secara syariat Islam telah memenuhi syarat," jelasnya.

Sayuti menjelaskan, DPKP Palembang juga mengimbau masyarakat yang ingin membeli hewan kurban agar mencari atau membeli sapi yang memang ada di Kota Palembang. "Dari catatan tahun lalu, jumlah pemotongan sapi kita cukup banyak, yakni 4-5 ribu ekor. Artinya ini cukup banyak kalau cari di Palembang, Insya Allah tersedia. Selain itu agar mencegah penularan penyakit PMK dari luar kota," jelasnya.



Selain pada pembeli, Sayuti juga mengimbau kepada pedagang hewan kurban agar tidak menjual sapi dari daerah yang terkena PMK. "Kita takutnya kalau ada sapi yang masuk dari luar, tidak tahu kondisinya seperti apa. Mengingat sebentar lagi Idul Adha," jelasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6149 seconds (0.1#10.140)