Rayakan Waisak, 21 Napi di Jatim Menerima Remisi hingga 1 Bulan

Senin, 16 Mei 2022 - 07:06 WIB
loading...
Rayakan Waisak, 21 Napi di Jatim Menerima Remisi hingga 1 Bulan
Sebanyak 21 napi di Jatim, menerima remisi saat perayaan Hari Raya Waisak. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Remisi atau pengurangan masa hukuman, diterima oleh sebanyak 21 narapidana (Napi) di Jatim, saat perayaan Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022). Jumlah napi yang mendapatkan remisi itu, sesuai dengan usulan dari Kanwil Kemenkumham Jatim.



Lapas Surabaya, menjadi lapas yang paling banyak menyumbangkan warga binaan atau napi mendapatkan remisi. Ada enam orang warga binaan dari lapas yang dipimpin Jalu Yuswa Panjang itu, mendapatkan remisi.



Disusul Lapas I Malang, dan Lapas Perempuan Malang, yang masing-masing punya empat dan tiga warga binaan mendapatkan remisi. "Tidak ada penyerahan secara simbolis, SK diserahkan di masing-masing satker secara sederhana," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Zaeroji.



Menurut Zaeroji, seluruh warga binaan mendapatkan remisi khusus I Waisak. Artinya, tidak ada yang langsung bebas. Remisi yang diberikan paling rendah 15 hari, paling lama dua bulan. "Paling banyak mendapat remisi sebulan, ada 12 orang," lanjut Zaeroji.

Selain itu, dari 21 napi yang mendapatkan remisi tersebut, 16 orang napi diantaranya terjerat kasus narkotika. Sisanya merupakan merupakan pelaku tindak pidana umum. "Mereka saat ini sedang menjalani pembinaan di sembilan lapas atau rutan di Jatim," terangnya.



Zaeroji mewanti-wanti, agar para penerima remisi tetap berkelakuan baik selama menjalani sisa masa pidana. Selain itu, juga harus aktif mengikuti pembinaan baik rohani maupun keterampilan. "Karena jika selama sisa pidana berbuat indisipliner, maka bisa saja hak untuk memperoleh remisi akan dicabut," tutupnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)