Bertaruh Nyawa Usir Penjajah, Haji Salahuddin Diusulkan jadi Calon Pahlawan Nasional

Kamis, 31 Maret 2022 - 08:06 WIB
loading...
A A A
Sekda Kabupaten Halmahera Tengah, Yanto M. Asri yang mewakili Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara, menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas kelancaran proses pengajuan dokumen ini, dan berterima kasih kepada Gubernur Maluku Utara, serta Kemensos atas kesediaannya memproses dokumen usulan yang telah disampaikan oleh Pemkab Halmahera Tengah, melalui TP2GD Halmahera Tengah.

Edi Langkara menuturkan, bahwa Haji Salahuddin bin Talabuddin adalah tokoh yang dibanggakan rakyat Halmahera Tengah, dan Maluku Utara. Salahuddin adalah tokoh yang memimpin pergerakan melawan penjajah di wilayah Maluku Utara, sehingga berkali-kali ditawan pihak Belanda, dan dikurung lalu disiksa di penjara Sawahlunto, Nusakambangan hingga ke Boven Digul.

Hukuman ini dijalani Salahuddin karena perjuangannya menentang penjajah, dan keberanian mengibarkan Merah Putih di tanjung Ngolopopo, Patani Halmahera Tengah, pada tahun 1941, sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan di Jakarta.



"Beliau selama hidupnya konsisten dengan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Dan karena keteguhan hatinya membela kehormatan bangsa Indonesia, Salahuddin kemudian wafat dieksekusi regu tembak Belanda di Skep Ternate." ungkapnya.

Edi Langkara menyampaikan bahwa pemerintah daerah dan rakyat Halmahera Tengah, sangat berharap Haji Salahuddin bin Talabuddin, tokoh penjuang merah putih asal Halmahera Tengah ini dapat ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional tahun 2022.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2475 seconds (0.1#10.140)