Disdukcapil Bulukumba Libatkan Forum Anak untuk Sosialisasi KIA

Senin, 28 Maret 2022 - 13:44 WIB
loading...
Disdukcapil Bulukumba Libatkan Forum Anak untuk Sosialisasi KIA
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, melibatkan Forum Anak Panrita Lopi. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba , melibatkan Forum Anak Panrita Lopi dalam mensosialisasikan dan memberikan edukasi untuk penggunaan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sosialisasi dan edukasi penggunaan KIA dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan kepemilikan administrasi kependudukan sejak dini, seperti akta lahir dan KIA bagi anak berusia 0-18 tahun.



Pihak Disdukcapil, Endang Muliani menuturkan, jika awalnya anak-anak yang ditemui merasa segan dan malu melakukan perekaman. Namun setelah dilakukan pendekatan oleh Duta Anak dan Duta Pelajar yang tergabung dalam Forum Anak, mereka mulai akrab yang diawali dengan ajakan bermain.

"Pendekatan bermain ini ternyata cukup efektif untuk mengajak anak-anak melakukan perekaman KIA," kata Endang Muliani.

Endang menambahkan, jika perekaman KIA ini cukup dengan pemotretan karena dalam kartu KIA tidak tertanam chip. "Tujuan utamanya mengedukasi masyarakat agar sejak dini sudah sadar akan kepemilikan identitas kependudukan , misalnya melengkapi anaknya dengan KIA," imbuhnya.

Meski memiliki keterbatasan alat dan fasilitas, pihaknya kata Endang tidak mengurangi upaya Dukcapil untuk melayani masyarakat.

"Inovasi ini kami beri nama Lorong Jelita atau Layanan Jemput Bola Identitas Anak dari Lorong ke Lorong," ungkapnya.

Dari kegiatan ini, sebanyak 32 anak di pesisir pantai berhasil direkam untuk kemudian diterbitkan dan dibagikan kembali ke anak bersangkutan

Ketua Forum Anak Panrita Lopi, M Rari Ikhfatullah menyambut baik kegiatan layanan jemput bola yang dilakukan bersama Dinas Dukcapil dengan menyisir pemukiman warga yang ada di pesisir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2678 seconds (0.1#10.140)
pixels