Bupati Hamim Targetkan Nilai Pelayanan Disdukcapil Bone Bolango Prima Tahun 2022

Rabu, 09 November 2022 - 14:34 WIB
loading...
Bupati Hamim Targetkan Nilai Pelayanan Disdukcapil Bone Bolango Prima Tahun 2022
foto: Diskominfo Bone Bolango
A A A
SUWAWA - Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberi target penilaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) harus prima di tahun 2022.

Target ini disampaikan Bupati Hamim Pou saat meluncurkan aksi perubahan inovasi Si-DiA Terpusat dan Digital.Id (Sistem Digitalisasi Adminduk Terpusat) di desa dan kelurahan se-Kabupaten Bone Bolango tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Rabu (9/11/2022).

Pada kesempatan ini Bupati Hamim menyampaikan terima kasih kepada para operator aplikasi Si-DiA Terpusat dan Digital.Id yang sudah menjadi ujung tombak pelayanan pemerintahan dan setiap hari berkutat di kantor desa maupun kelurahan untuk melayani administrasi kependudukan masyarakat.

Hamim mengatakan bagaimana layanan pemerintahan itu bagus, bagaimana pemerintahan itu hadir, salah satunya ditunjukkan lewat kecepatan dalam layanan termasuk layanan kependudukan.

“Jika ada operatornya yang lambat, jarang masuk, tidak punya SOP yang baik, buat kecewa dan sakit hari warga yang akan kena bukan hanya Anda, tetapi juga Bupati karena Anda adalah representasi bupati di kelurahan atau desa dalam memberikan berbagai layanan terutama layanan kependudukan tersebut,” ujarnya.

Bupati Bone Bolango dua periode itu mengungkapkan nilai pelayanan di Disdukcapil Bone Bolango sudah mulai naik dan sekarang berada di level A-. Sekarang bagaimana caranya agar pelayanan tersebut bisa A+ atau prima.

“Jika Disdukcapil dan PTSP sudah A+ tentu akan luar biasa karena secara substansial layanan kita sudah bagus sekali dan memberi dampak yang baik terhadap citra pemerintahan yang melayani dan mendapat banyak bonus dari pemerintah pusat berupa dana insentif daerah,” kata Hamim.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Bone Bolango Oktavianus SW Rahman mengungkapkan rasa syukurnya sekarang nilai Sistem Penyelenggaraan Pelayanan Publik (SIPP) dari tahun ketahun membaik dari C- hingga sekarang A-.

“Progres kita sudah on the track dan Insya Allah tahun 2022 bisa prima sesuai harapan Bupati dan ini target kami,” katanya.

Sebelumnya Budiyanto Sahabu, ketua panitia kegiatan, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan penerbitan dokumen kependudukan sampai ke tingkat desa dan kelurahan. Memberikan kemudahan serta mendekatkan tempat pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, meningkatkan pengetahuan serta pemahaman kepada operator dalam mengimplementasikan dan menerapkan serta mengoperasikan maupun menjalankan aplikasi SIAK terpusat di tingkat desa dan kelurahan.

“Kegiatan aksi perubahan launching inovasi (Si-DiA) Terpusat dan Digital.Id (Sistem Digitalisasi Adminduk Terpusat) di Desa dan Kelurahan ini diikuti operator desa 160 orang dan operator kelurahan 5 orang,” tutur Budiyanto Sahabu.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)