Disdukcapil Buka Pos Layanan Kependudukan di Pasar Central Lippo Cikarang

Sabtu, 23 September 2023 - 10:35 WIB
loading...
Disdukcapil Buka Pos Layanan Kependudukan di Pasar Central Lippo Cikarang
Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Jawa Barat secara resmi membuka pos layanan di Pasar Central Lippo Cikarang. Foto/Istimewa
A A A
CIKARANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat secara resmi membuka pos layanan di Pasar Central Lippo Cikarang sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat umum.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Bekasi Achmad Syarief mengatakan pembukaan pos layanan di titik sentra ekonomi masyarakat ini dalam rangkamelanjutkan komitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

”Pelayanan ini merupakan bagian dari program SimPRO (Siap melayani mudah prosesnya).Pos layanan ini dibuka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dan dipastikan tidak dipungut biaya,” kata Achmad, Sabtu (23/9/2023).



Pos Pasar Central melayani 10 jenis permohonan meliputi biodata WNI, kartu keluarga, rekam KTP elektronik, dan cetak KTP elektronik. Kemudian cetak kartu identitas anak, dokumen pindah datang, akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian, serta identitas kependudukan digital.

Syarief mengaku salah satu program terbaru yakni identitas kependudukan digital memiliki manfaat mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan privat ataupun publik dalam bentuk digital, sekaligus mengamankan kepemilikan identitas digital melalui sistem autentifikasi untuk mencegah pemalsuan data.

”Semoga keberadaan pos pelayanan di Pasar Central Lippo Cikarang ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk memudahkan mengurus dokumen kependudukan. Jadi tidak perlu ke kantor pemda,” ucap dia.



Manajemen Pasar Central Lippo Cikarang Ubaidillah mengatakan pelayanan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi.

Pihaknya juga telah menyediakan ruangan representatif yang dimanfaatkan menjadi pos pelayanan tersebut sehingga memudahkan masyarakat menjangkau lokasi sambil beraktivitas sehari-hari.

”Masyarakat bisa datang berbelanja di Pasar Central sekaligus mengurus dokumen kependudukan di lokasi yang sama. Apalagi semua layanan ini merupakan layanan utama yang sangat dibutuhkan masyarakat,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)