Kabupaten Jayapura Siapkan Stadion SBY untuk Pasien Covid 19

Rabu, 17 Juni 2020 - 07:37 WIB
loading...
Kabupaten Jayapura Siapkan Stadion SBY untuk Pasien  Covid 19
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw
A A A
SENTANI - Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura akan menggunakan Stadion Barnabas Youwe (SBY) sebagai salah satu fasilitas untuk mendukung pemerintah dalam menangani 19 pasien yang dirawat di wilayah Kabupaten Jayapura.

"Stadion Barnabas Youwe adalah alternatif kedua untuk menangani 19 pasien yang hidup bersama di wilayah Kabupaten Jayapura," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE MSi, kepada wartawan di Sentani, Selasa (16/6).

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sebelumnya juga telah menyiapkan gedung Wisma Athlete yang berlokasi di Doyo Baru sebagai salah satu lokasi untuk pasien yang memiliki 19 pasien. Orang nomor satu di Jayapura mengatakan bahwa kedua fasilitas olahraga itu siap digunakan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan 19 pasien di Kabupaten Jayapura.

"Sebelumnya kami telah menyiapkan homestead atlet dan sekarang kami telah menyiapkan stadion SBY untuk mengantisipasi lonjakan pasien," kata Mathius.

Dia melanjutkan, kedua fasilitas itu disiapkan oleh pemerintah mengingat saat ini jumlah positif 19 pasien di Kabupaten Jayapura terus meningkat. Selain itu, ia mengatakan ada lebih dari 1000 warga Kabupaten Jayapura yang saat ini sedang mengantri untuk menunggu hasil usap tenggorokan di laboratorium kesehatan regional Papua. Di mana sebelumnya mereka telah melakukan tes cepat dan dinyatakan reaktif, harapan kami adalah hasil PCR akan negatif," katanya singkat.

Dikatakan, kedua fasilitas itu akan digunakan untuk menampung pasien dalam kategori nyeri ringan. Sedangkan RSUD Yowari khusus untuk perawatan pasien yang benar-benar positif dan kondisinya parah.

"Jika ini terus meningkat sebagai akibatnya rumah sakit pasti akan melebihi kapasitas. Jadi ada beberapa tempat yang telah kami siapkan selain Wisma Atlet, mungkin Pemerintah saat ini sedang mempersiapkan Stadion Barnabas Youwe sebagai alternatif kedua untuk mengakomodasi kondisi pasien yang ringan, "pungkasnya.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)