Jayapura Usulkan Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah

Kamis, 17 November 2022 - 17:00 WIB
loading...
Jayapura Usulkan Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menyerahkan proposal pembentukan Brida Kabupaten Jayapura, di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional di Jakarta, Selasa (15/11/2022).
A A A
JAKARTA - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Jayapura Jonson Nainggolan menyerahkan proposal urgensi usulan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kabupaten Jayapura, di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional di Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Penyerahan proposal usulan ini diterima langsung oleh Deputi Riset dan Inovasi Daerah (BRIN) Yopi didampingi oleh Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah Sri Nuryanti. Proposal tersebut bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi pembentuan Badan Riset dan Inovasih Daerah (Brida) Kabupaten Jayapura.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Mathius menginginkan pembentukan Brida di Kabupaten Jayapura sebagai organisasi perangkat daerah tersendiri, sebagaimana peran Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapeda) Kabupaten Jayapura.

Dalam pembahasan itu Bupati Jayapura juga mengharapkan ke depan ada kerja sama atau kolaborasi antara Brida Kabupaten Jayapura dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar bisa mendorong pengembangan riset dan kebijakan pembangunan di daerah dengan Baik.
Jayapura Usulkan Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah

Usai menerima usulan tersebut, Deputi Riset dan Inovasi Daerah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jayapura atas kedatangannya ke BRIN untuk kedua kalinya dan mengapresiasi perhatian Bupati Jayapura sebagai kepala daerah yang telah memahami akan pentingnya riset untuk mendukung kebijakan pembangunan yang dilandasi oleh hasil riset.

Bupati Jayapura juga menekankan perlu adanya Badan Riset dan Inovasi di Daerah (Brida) agar membantu penyelesaian masalah-masalah pembangunan di Papua secara umum dan secara khusus Kabupaten Jayapura, sehingga mampu mengatasi konflik, contoh kasus persoalan tanah. Brida diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Pusat seperti apa yang telah dilakukan oleh Pemkab Jayapura dalam melakukan pemetaan tanah-tanah adat.

Pada akhir pertemuan itu Bupati Jayapura mengaharapkan peran Brida ke depan agar berkolaborasi dengan BRIN dalam hal pengembangan riset sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jayapura dan Papua.

Di tempat terpisah seusai pertemuan itu Bupati Mathius Awoitau mengatakan bahwa, ada lebih dari 100 kajian atau inovasi yang dilakukan di kabupaten Jayapura oleh Litbang. "Bagaimana dengan kajian ilmiah yang dilakukan dari waktu ke waktu, dan bagaimana menggalang kerja sama termasuk dengan BRIN. Menurut BRIN ada Banyak sekali inovasi yang sudah dilakukan oleh litbang," katanya.

Menurut Mathius hal ini penting sekali agar semua bentuk endemik asli di Papua itu, diteliti secara komprehensif supaya bisa memberi kontribusi yang spesifik dari berbagai unsur dan potensi yang ada. "Itu memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi, kita berharap mudah-mudahan, Badan Otsus yang dibangun sekarang di bawa Wakil Presiden bisa menggunakan kajia-kajian yang pasti dan profesional untuk melihat dan menatap Papua ke depan," tuturnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)