Tertahan di Rumah Sakit, Warga Jabar di Arab Saudi dan Korsel Minta Ridwan Kamil Memulangkan

Senin, 07 Maret 2022 - 14:13 WIB
loading...
A A A
"Mereka telah tiba di tanah air pada 3 Maret 2022 dan sedang menjalani karantina sebelum dipulangkan ke daerahnya," ujar Bambang.

Adapun warga Sukabumi yang tertahan di Korsel bernama Zaenal Abidin. Saat ini, kata Bambang, pihaknya bersama pemerintah tengah mencari cara untuk membayar biaya tunggakan RS di Seoul nilai tunggakan pengobatan Zaenal Abidin sangat besar.

"Kita sedang cari solusi mengenai biaya rumah sakit disana, salah satunya adalah menggandeng BUMD di Jawa Barat untuk menyalurkan bantuan melalui CSR dan penggalangan dana untuk membayar biaya rumah sakit dan kepulangannya," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Hadi Wahyuningrum menjelaskan, pihaknya telah menjemput warga Jabar tersebut di bandara dan melakukan assesmen terkait kondisi kesehatan untuk pengobatan lanjutan.

"PMI itu kini tengah menjalani SOP karantina selama seminggu. Setelahnya, akan kami assesmen kembali, apakah akan diperiksa di RS Polri atau di RS sesuai domisili PMI," ujarnya.

Selain itu, pihaknya sangat menyambut baik kolaborasi yang dibangun JQR dengan dinas terkait. "Ini merupakan bentuk sinergitas dan kolaborasi dalam hal perlindungan pekerja migran Indonesia," kata dia.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)