Tertahan di Rumah Sakit, Warga Jabar di Arab Saudi dan Korsel Minta Ridwan Kamil Memulangkan

Senin, 07 Maret 2022 - 14:13 WIB
loading...
Tertahan di Rumah Sakit, Warga Jabar di Arab Saudi dan Korsel Minta Ridwan Kamil Memulangkan
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil melalui JQR memulangkan dua warga Jabar di Arab Saudi dan Riyadh yang terkendala karena sakit. Foto/Ilustrasi/Dok
A A A
BANDUNG - Warga Cianjur dan Sukabumi meminta pertolongan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk dipulangkan ke Tanah Air karena tertahan di Arab Saudi dan Korea Selatan (Korsel) dalam kondisi sakit.

Mereka juga terkendala pulang ke Indonesia karena tak mampu membayar tunggakan biaya rumah sakit (RS) di Riyadh dan Seoul. Mereka sangat berharap, bisa berkumpul dengan keluarganya dan melanjutkan pengobatan di Tanah Air.

Baca juga: Pembunuh Perempuan Cantik Bertato Ditangkap, Korban Dicekik di Kamar Hotel

"Warga Cianjur tertahan di Riyadh, Arab Saudi, sedangkan yang dari Sukabumi tertahan di Seoul, Korea Selatan. Keduanya memiliki masalah kesehatan ditambah kendala administrasi kependudukan dan tunggakan biaya rumah sakit," ungkap Ketua Umum Jabar Quick Response (JQR), Bambang Trenggono di Bandung, Senin (7/3/2022).

Menindaklanjuti aduan yang disampaikan kepada Ridwan Kamil tersebut, lanjut Bambang, JQR yang merupakan organisasi kemanusiaan bentukan Ridwan Kamil langsung mengonsolidasikan kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) itu.

Tim JQR yang telah terhubung dengan pihak keluarga kemudian menggali informasi lengkap terkait kondisi dua warga Jabar tersebut. Selanjutnya, tahap yang ditempuh JQR adalah melakukan kolaborasi lintas dinas.

"Setelah mendapat laporan kami menghubungi keluarganya untuk mendapatkan data lalu berkordinasi dengan stakeholder membuka cara bagaimana kedua warga Jabar tersebut bisa kembali," terang Bambang.

Baca juga: Cerita Teman Sesekolah Atalia Kamil, Kumpulkan Dana Bangun Jembatan Gantung di Pelosok Bandung

Hasilnya, lanjut Bambang, JQR melaksanakan pertemuan dengan pihak Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia(BP2MI), BP2MI Jabar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar, Dinas Kesehatan Jabar, Dinas Sosial Jabar, termasuk Biro BUMD Jabar untuk membahas skenario kepulangan serta penanganan kesehatan setelah mereka tiba di Tanah Air.

Setelah koordinasi lintas dinas dan badan tersebut selesai dilakukan, warga Cianjur yang bernama Maisurah itu akhirnya bisa pulang ke Tanah Air dan kini tengah menjalani masa karantina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)