Bus Pariwisata Harapan Jaya Ditabrak KA Dhoho, Saksi Mata: Penumpang Terlempar dan Terjepit Bodi

Minggu, 27 Februari 2022 - 09:39 WIB
loading...
Bus Pariwisata Harapan Jaya Ditabrak KA Dhoho, Saksi Mata: Penumpang Terlempar dan Terjepit Bodi
Warga melihat kondisi bus yang ringsek usai tertabrak kereta api Rapih Dhoho di Ketanon, Tulungagung, Minggu (27/2/2022) pagi. (Foto: Antara/HO-warganet
A A A
TULUNGAGUNG - Bus pariwisata berpenumpang karyawan pabrik plastik hendak rekreasi ke Malang tertabrak Kereta Api Dhoho relasi Blitar-Surabaya yang melintas di perlintasan Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Minggu (27/2/2022).

Menurut saksi mata, Siswanto, para penumpang terlempar ke luar saat Bus Harapan Jaya dihantam KA Dhoho dengan kecepatan tinggi di perlintasan Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung.

Baca juga: Niat Tamasya, Bus Pariwisata Karyawan Pabrik Dihantam KA Dhoho Akibatkan 4 Orang Tewas

Menurut Siswanto, saat kecelakaan terjadi, lokasi perlintasan tanpa palang pintu tidak terlihat penjaga perlintasan. Padahal biasanya ada dua warga setempat yang bergantian menjaga perlintasan. Sebab meski bukan jalan utama, arus lalu lintas di lokasi kejadian tergolong padat. “Saat kejadian tidak ada penjaga di lokasi perlintasan tanpa palang pintu,” kata Siswanto.

Insiden kecelakaan yang terjadi mengakibatkan arus lalu lintas di lokasi kejadian macet total. Sebab posisi bodi bus yang terlempar melintangi jalan. Saat ini proses evakuasi masih berlangsung.

Dua dari empat orang penumpang yang tewas, kondisinya terjepit bodi bus yang ringsek. Jumlah korban meninggal dunia sementara empat orang. Semuanya langsung dievakuasi ke rumah sakit. Begitu juga dengan penumpang selamat juga dievakuasi ke rumah sakit.

Diketahui, bus pariwisata berpenumpang karyawan pabrik plastik hendak rekreasi ke Malang tertabrak Kereta Api Dhoho relasi Blitar-Surabaya yang melintas di perlintasan Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Empat orang dilaporkan tewas, dua di antaranya terjepit bodi bus yang ringsek. Para korban sedang dievakuasi. Berikut kronologisnya.

Baca juga: BPCB Sebut Area Sebaran Candi Situs Srigading Peninggalan Mpu Sindok Meluas

Kecelakaan terjadi beberapa saat setelah busa Harapan Jaya meninggalkan lokasi berkumpulnya para karyawan yang hendak rekreasi. Ada tiga bus yang membawa rombongan karyawan pabrik plastik ke Jatim Park, Batu.

Nahas saat bus kedua berada di perlintasan tanpa palang pintu. Bus melaju dari arah barat menuju ke timur. Belum juga bodi bus sepenuhnya ke luar dari perlintasan, dari arah selatan tiba-tiba muncul KA Dhoho berkecepatan tinggi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)