BPCB Sebut Area Sebaran Candi Situs Srigading Peninggalan Mpu Sindok Meluas

Minggu, 27 Februari 2022 - 06:32 WIB
loading...
BPCB Sebut Area Sebaran Candi Situs Srigading Peninggalan Mpu Sindok Meluas
Penampakan udara ekskavasi Situs Srigading peninggalan Mpu Sindok.Foto/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menduga area candi di Situs Srigading Malang masih luas. Pasalnya ada penemuan struktur baru di bangunan sisi barat dari candi di situs peninggalan Mpu Sindok ini

Arkeolog BPCB Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho menyatakan, menariknya temuan di sisi barat ini diduga kuat bagian dari candi utama. Hal ini yang juga menjadi pencarian timnya selama ekskavasi, yang bakal dilanjutkan di tahap ketiga mendatang.

Baca juga: Ritual Kelompok Trimurti Kejawen Kejayan di Pantai Watu Ulo Dibubarkan Polsek Ambulu

"Yang menarik adalah, ini tidak hanya candi utama, kita menemukan adanya indikasi struktur lain yang ada di barat. Temuan itu menandakan bahwa ini adalah sebuah kompleks besar. Mungkin yang tersisa saat ini adalah bangunan utamanya saja. Tapi dari indikasinya bahwa kemungkinan ada halaman, kemudian dibatasi oleh pagar," kata Wicaksono ditemui MNC Portal, Sabtu (26/2/2022).

BPCB Sebut Area Sebaran Candi Situs Srigading Peninggalan Mpu Sindok Meluas


Keterangan dari warga sekitar lokasi ekskavasi disebutnya juga menguatkan hal itu. Diduga ada sebuah struktur kurang lebih 10 meter dari candi utama di sisi barat.

"Keterangan pemilik lahan Pak Suhan itu sekitar 10 meter dari candi itu ada struktur, kedalaman 50 (sentimeter) keris yang kemungkinan pagar, kemungkinan sekitar situ, atau bangunan lain, bangunan candi lain, belum tahu. Di tebu - tebu itu," ungkapnya.

Dirinya meyakini selain pagar, biasanya ada kompleks bangunan lain yang ada di sekitar bangunan candi di situs kuno yang ada di Dusun Manggis, Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Namun Wicaksono menuturkan, belum berani berbicara lebih jauh, karena fokus BPCB Jatim saat ini hanya mencari bentuk asli candi era Mpu Sindok.

Baca juga: Batu Lonceng di Suntenjaya Lembang, Jejak Peninggalan Raja Padjadjaran yang Dikeramatkan

"Ada struktur nggak terlalu nguber, ada potensi lainnya di luar, kami fokus ke sini dulu. Kita sudah berusaha menampakkan keseluruhan sisi, memang diperlukan tahap ketiga untuk menampilkan candi ini di tanah aslinya. Sehingga nanti, setelah itu nampak, tindakan seterusnya kita bisa tahu berapa keluasan tanah candi ini," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4253 seconds (0.1#10.140)