Maulana Yusuf Raja Banten II Penakluk Pajajaran, Sulap Banten Bak Singapura

Senin, 10 Januari 2022 - 05:27 WIB
loading...
Maulana Yusuf Raja Banten II Penakluk Pajajaran, Sulap Banten Bak Singapura
Maulana Yusuf Raja Banten II Penakluk Pajajaran, Menyulap Banten Bak Singapura/historyofcirebon
A A A
Maulana Yusuf dikenal sebagai Raja Banten II, penakluk Kerajaan Pajajaran saat menyebarkan Islam di Tanah Sunda sekaligus mengubah wilayahnya maju bak Singapura. Prestasi Maulana Yusuf yang dikenal sebagai Panembahan Pakalangan Gede itu terjadi selama 10 tahun memerintah Kerajaan Banten.

Maulana Yusuf naik takhta selepas ayahandanya Maulana Hasanudin mangkat pada sekitar tahun 1570 masehi. Prestasi besar lainnya Maulana Yusuf yang mencengangkan adalah menaklukkan Kerajaan Pajajaran.

Pada saat Maulana Yusuf memerintah Kerajaan Banten, hubungan Banten dan Pajajaran mencapai klimaks perseteruan. Puncaknya benteng pertahanan terakhir Kerajaan Pajajaran di Pedalaman Sunda dapat ditaklukkan oleh pasukan MaulanaYusuf.



Maulana Yusuf menjabat sebagai Sultan Banten pada tahun 1570 sampai dengan 1580, hanya 10 tahun saja beliau memerintah Banten, beliau wafat karena sakit. Setelah wafat, takhta Kesultanan Banten kemudian diserahkan kepada anaknya, Maulana Muhamad atau Pangeran Ratu Ing Banten.

Dalam sejarah Cirebon, anak dari Maulana Yusuf ini adalah Raja Banten pertama yang melaksanakan Haji. Maulana Muhamad juga disebut sebagai Sultan Haji I, selain itu ia juga disebut Panembahan Banten Sedang Ranapati karena wafat dalam pertempuran laut di Palembang dengan Mataram.

Merunut dari silsilahnya, Maulana Yusuf merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati. Sebab, ia merupakan anak dari Pangeran Sebakingkin atau Maulana Hasanudin. Sebakingkin sendiri dalam sejarah Cirebon disebutkan sebagai anak hasil perkawinan Sunan Gunung Jati dengan Nyimas Kawunganten, puteri dari Permadi Puti Raja dari Cangkuang.

Maulana Yusuf adalah putra pertama Sultan Maulana Hasanuddin dari buah pernikahannya dengan Ratu Ayu Kirana, putri dari Sultan Trenggono yang merupakan Sultan Demak. Maulana Yusuf menurut sejarah Banten memiliki delapan saudara kandung dari pernikahan ayahnya dengan Ratu Ayu Kirana.

Semasa pemerintahan Maulana Yusuf, Banten disulap menjadi daerah yang maju pesat di bidang perdagangan bak Singapura masa kini dan pelayaran nusantara. Di samping pendidikan agama, Maulana Yusuf juga lebih menekankan pada bidang pembangunan kota, keamananan dan pertanian.

Pada masanya pula Ibukota Pajajaran (Pakuan) dapat ditaklukkan oleh Kerajaan Banten. Para penggawa Kerajaan Pajajaran lalu diislamkan tapi masing-masing tetap memegang jabatannya seperti semula. Pada masa pemerintahan Maulana Yusuf, perdagangan di Banten semakin maju. bahkan bisa dikatakan bahwa pada saat itu Banten bagaikan kota penimbunan barang-barang dari penjuru dunia yang nantinya disebarkan ke kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)