Tangkap Lumba-lumba di Perairan Pacitan, Puluhan ABK Diamankan

Minggu, 09 Januari 2022 - 09:37 WIB
loading...
Tangkap Lumba-lumba di Perairan Pacitan, Puluhan ABK Diamankan
Puluhan ABK diamankan karena menangkap lumba-lumba di perairan Pacitan.Foto/Ahmad Subekhi
A A A
PACITAN - Sebuah tayangan video penangkapan ikan lumba-lumba di perairan Pacitan, Jawa Timur, viral di media sosial. Pasca beredarnya video tersebut, polisi dan TNI memburu kapal yang digunakan untuk menangkap ikan tersebut. Kapal digeledah dan 23 anak buah kapal (ABK) diamankan.

Dengan menggunakan perahu, petugas gabungan Polres Pacitan, Polairud dan TNI memburu kapal yang diduga menangkap ikan lumba-lumba di perairan Pacitan. Dengan mudah polisi berhasil menemukan kapal yang hendak merapat ke dermaga Tamperan Pacitan.

Baca juga: KH Miftachul Akhyar Siap Mundur dari Ketua Umum MUI

Petugas pun melakukan penggeledahan di lambung kapal. Semua ABK dimintai keterangan. Penghadapan dan penggeledahan ini dilakukan setelah beredar video amatir penangkapan ikan lumba-lumba di perairan Pacitan.

Video berdurasi 14 detik tersebut tampak sejumlah lumba-lumba mati di atas kapal. Bahkan tampak sejumlah bagian tubuh lumba-lumba telah terpotong.

Setelah diamankan polisi, para ABK mengaku peristiwa terjadi pada Kamis pagi (6/1/2022). Mereka menyangkap menangkap lumba-lumba. Mereka berdalih jaring ikan tanpa sengaja mengenai ikan lumba-lumba dan terperangkap jaring.

Baca juga: DPRD Jatim Minta Kemenhub Buka Jalur Pelayaran NTT

"Semua ikan lumba-lumba dinaikkan bersama ikan lainnya, namun ikan lumba-lumba dilepas lagi," kata seorang ABK, Aris Nugroho.



Meski mengelak, namun polisi tetap melakukan pemeriksaan terhadap ABK. Semuanya diamankan untuk dimintai keterangan. "Sampai saat ini, sebanyak 23 masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Pacitan," terang Kapolsek Pacitan, AKP Sugeng Rusli.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)