Teruslah Berlari San, Kenali Temanmu dan Hilangkan Racun Gadget

Sabtu, 31 Desember 2022 - 06:41 WIB
loading...
Teruslah Berlari San, Kenali Temanmu dan Hilangkan Racun Gadget
Anak-anak bermain di Kampung Lali Gadget untuk bisa menghilangkan racun dari kecanduan gawai. Foto/Ist.
A A A
Dahulu banyak orang tua yang ingin anaknya segera pulang ke rumah karena seharian bermain di lapangan. Kini, orang tua milenial bingung melihat anaknya tak mau keluar rumah. Mereka harus berhadapan dengan gadget, sebuah candu bagi anak yang sulit untuk dilepaskan.



"Bangun tidur yang dicari langsung hape, nggak mau langsung mandi. Kalau makan baru mau kalau ada hape, kan sulit," kata Irmaningtyas, salah satu orang tua.



Sepanjang hari ia selalu dibuat geram. Untuk bisa tidur siang saja, anaknya sudah tidak bisa. Bahkan, ia sampai lupa kapan terakhir kali anaknya mau tidur siang. "Gimana mau tidur, lha hape dilihat terus. Sampai sore, kalau diambil langsung teriak-teriak dan menangis," sambungnya.



Irmaningtyas tidak sendirian mengalami kondisi itu. Para ibu kini menghadapi musuh bersama, yakni gadget. Seperti pisau bermata dua, gadget yang dibelikan buat anaknya dengan tujuan untuk menjalani pendidikan daring kini sudah beralih fungsi.

Setiap pagi sampai malam, buah hatinya sulit untuk diajak berbicara. Karena kesehariannya yang sudah kecanduan ponsel. Berbagai game sampai konten youtube menjadi santapannya setiap hari. Gadget itu tak bisa dipisahkan sejenak saja.

Irmaningtyas cemas. Apalagi tidak seharian penuh ia bisa menjaga anaknya. Atau sekedar memastikan tayangan yang dilihat oleh anaknya yang masih duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar itu. "Macam-macam yang dilihat, tapi kami selalu khawatir," jelasnya.

Masih pukul 05.00 WIB. Irmaningtyas sudah bergegas. Satu tas berwarna hitam sudah penuh dengan pakaian. Ia membuka pintu rumah dan bau segar langsung menyergap, sisa hujan semalam membuat tanah dan rumput di depan rumahnya basah. Embun pagi masih merambat di permukaaan anggrek yang di tanam di depan rumahnya yang ada di Pagesangan, Surabaya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2060 seconds (0.1#10.140)