Pemkot Makassar Kejar 60 Persen Vaksinasi Lansia Sebelum Pergantian Tahun

Kamis, 30 Desember 2021 - 08:21 WIB
loading...
Pemkot Makassar Kejar 60 Persen Vaksinasi Lansia Sebelum Pergantian Tahun
Capaian vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kota Makassar masih minim. Foto/Dok
A A A
MAKASSAR - Capaian vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kota Makassar masih minim. Intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan capaiannya masih belum tampak.

Sejauh ini, capaian vaksinasi untuk kategori lansia di Kota Makassar baru sekitar 45 persen. Sementara, mereka mesti mengejar capaian 60 persen agar bisa menjalankan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tak menampik minimnya capaian vaksinasi lansia . Dia mengakui capaiannya masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah pusat.

Kendati begitu, ia berencana menggenjot capaian tersebut dalam beberapa hari ke depan. Bahkan Danny menarget sudah bisa tembus sampai 60 persen sebelum pergantian tahun nanti.

"Mudah-mudahan bisa terpenuhi dalam tiga hari ini 15 persen. Kita mulai per Januari tanggal 3 (vaksinasi anak) pada saat sekolah tatap muka mulai, kita sudah mulai," ujar dia, Rabu (29/12/2021).



Danny mengatakan selama beberapa hari terakhir sudah mulai memasifkan vaksinasi untuk lansia. Pegawai Pemkot Makassar ditugaskan masing-masing wajib membawa orang baru untuk mendapat suntikan vaksin, termasuk lansia.

Dengan cari ini, Danny optimistis capaian vaksinasi untuk lansia bisa segera tercapai. Setelah itu, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sudah bisa segera disiapkan mulai awal tahun 2022.

"Perintah berikutnya vaksin anak SD. Kami sudah mempersiapkan sistem itu cuman syaratnya adalah lansia harus mencapai 60 persen," katanya.

Setelah itu, lanjut Danny, Pemkot Makassar akan mulai mempersiapkan vaksinasi dosis ketiga alias booster. Pemberian vaksin ketiga itu diberikan jika ada instruksi dari pemerintah pusat yang mengharuskan untuk divaksin dosis ketiga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)