Survei, Tingkat Kepuasan Warga Terhadap Gubernur NTB 78,6 Persen

Kamis, 16 Desember 2021 - 15:27 WIB
loading...
A A A
Dia menuturkan, hasil survei mencatat masyarakat NTB memberi nilai 2,36 atau menilai bahwa program tersebut tidak berhasil diterapkan di sekitar masyarakat. Dia menerangkan, masyarakat berharap pemerintah dapat fokus pada program yang dianggap positif bagi lingkungan.

Begitu juga dengan perlindungan hutan yang mendapatkan nilai 2,56. Meski berada dalam skala berhasil, namun sangat kecil nilainya dan mendekati sedang.

Program penjagaan lingkungan ini dinilai perlu menjadi salah satu prioritas utama Pemerintah Provinsi NTB. Dia mengatakan, untuk peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat yang dinilai oleh masyarakat pada dukungan pemerintah provinsi pada Usaha Kecil Menengah, Desa Wisata dan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang.

"Masyarakat memberikan nilai 3 pada keseriusan pemerintah dalam meningkatkan usaha kecil menengah. Mereka menganggap beberapa program peningkatan UKM terasa," ujarnya.

Sementara program Desa Wisata yang baru-baru ini mulai digencarkan, kata dia, survei mencatat program ini mendapatkan penilaian positif. Dia mengatakan responden memberi nilai 2,74 atau masyarakat yang bersentuhan langsung dengan program tersebut menilai program tersebut telah berhasil meningkatkan ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dia menjelaskan JPS Gemilang yang menjadi salah satu buah bibir nasional karena inovasinya pun mendapatkan penilaian khusus bagi masyarakat, masyarakat memberi nilai 3.1. Masyarakat menilai, bantuan tersebut dapat membantu masyarakat miskin dan yang terkena dampak bencana. Baca: Harga Cabai Rawit Merah di Bangka Barat Naik hingga Rp120.000, Cuaca Ekstrem Pemicunya.

"Selain itu, masyarakat juga menilai bingkisan JPS Gemilang akan membantu perekonomian masyarakat NTB, karena bingkisan JPS Gemilang berasal dari produk asli masyarakat NTB," tuturnya.

Sementara itu, terkait pengaduan dan informasi publik, lanjut dia, masih sedikit yang mengakses atau 26,2% pada informasi pembangunan. Masyarakat memberi nilai 2,91 atau informasi tersebut telah jelas dan mudah dipahami seperti yang ditampilkan di website pemerintah atau di media-media lainnya.

Dia mengungkapkan survei ini coba melihat penilaian masyarakat terkait kegiatan internasional yang akan banyak berlangsung di NTB. Kata dia, terdapat 83,5% masyarakat yang mengetahui informasi terkait kegiatan-kegiatan tersebut dan mereka memberikan nilai 3. Baca Juga: Rumah di Argopuro Salatiga Terbakar, Diduga Korsleting.

"Dengan kata lain, mereka optimis kegiatan tersebut dapat berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat. Secara keseluruhan sebanyak 78,6% masyarakat NTB merasa puas dengan kepemimpinan di NTB," pungkasnya.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)