Survei, Tingkat Kepuasan Warga Terhadap Gubernur NTB 78,6 Persen

Kamis, 16 Desember 2021 - 15:27 WIB
loading...
Survei, Tingkat Kepuasan Warga Terhadap Gubernur NTB 78,6 Persen
Tingkat kepuasaan warga terhadap kinerja Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah sebesar 78,6%. (Ist)
A A A
JAKARTA - Tingkat kepuasaan warga terhadap kinerja Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah sebesar 78,6%. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Olat Maras Institute (OMI) yang dilaksanakan pada 27 November sampai 8 Desember 2021.

"Survei ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh kabupaten, kecamatan hingga desa di Provinsi NTB. Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 2,6% dan tingkat kepercayaan 95%," kata Direktur Eksekutif OMI Miftahul Arzak dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Dia mengatakan, survei pada akhir tahun 2021 ini mengambil tema “Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap 3 Tahun Kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Periode 2018-2023". Survei dengan melihat visi dan misi Gubernur dan Wagub NTB diantaranya NTB Tangguh dan Mantap, NTB Bersih dan Melayani, NTB Sehat dan Cerdas, NTB Asri dan Lestari, NTB Sejahtera dan Mandiri, serta NTB Aman dan Berkah.

Dikatakannya, tidak semua bidang dihadirkan dalam survei ini. Bidang yang dipilih hanya yang bersentuhan langsung dan bisa dipersepsikan oleh masyarakat. Setiap bidang diberikan standar penilaian kepuasan masyarakat yang terbagi dalam 4 skala.

"Skala pertama adalah yang rendah atau penilaian terburuk terhadap pelayanan pemerintah dengan nilai 1-1,75. Skala kedua adalah sedang atau merasa cukup dengan pelayanan pemerintah. Skor untuk skala kedua ini berada di rentang 1,76 hingga 2,50," katanya.

Dia menambahkan, skala ketiga adalah, tinggi. Responden memberikan penilaian baik terhadap pelayanan pemerintah. Nilainya berada di rentang 2,51 hingga 3,25.

"Skala keempat adalah penilaian sangat tinggi atau sangat baik terhadap pelayanan pemerintahan, dengan rentang skor 3,26 hingga 4," tuturnya.

Terhadap program Samsat pemerintah Provinsi NTB yaitu E-Samsat dan Samsat Delivery, hasil survei mencatat, 49,8% masyarakat telah menggunakan pelayanan Samsat dan sisanya belum. Sehingga, masyarakat yang telah menggunakan pelayanan tersebut cukup tinggi.

Pengguna layanan Samsat memberi nilai 3,1 terhadap program ini. Dengan kata lain, mereka menilai pelayanan Samsat secara umum baik.

"Sementara terhadap pelayanan pendidikan yang dilihat dari akses dan kelayakan SMA dan salah satu program prioritas Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi, yaitu mengirim 1000 putra dan putri NTB untuk sekolah ke luar negeri," katanya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)