Survei, Tingkat Kepuasan Warga Terhadap Gubernur NTB 78,6 Persen

Kamis, 16 Desember 2021 - 15:27 WIB
loading...
A A A
Untuk akses sekolah, Miftahul mengungkapkan masyarakat memberikan nilai 2,68 atau menilai bahwa akses ke SMA sudah mudah dijangkau. Begitu juga dengan kelayakan infrastruktur yang mendapatkan nilai 3,1 atau masyarakat menilai bahwa SMA di sekitarnya telah layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Sedangkan, untuk program mengirim 1.000 putra dan putri NTB ke luar negeri untuk melanjutkan studi juga diterima positif oleh Masyarakat NTB. "Di awal pertanyaan, tim survei membuat skema pertanyaan tentang pengetahuan masyarakat terkait program ini. Masih menjadi pekerjaan rumah penyelenggaran untuk menyosialisasikan program-program ini," ujarnya.

Kata Miftahul, berdasarkan hasil survei, baru 18,2% masyarakat yang mengetahui program prioritas ini. Namun, ketika seluruh masyarakat ditanyakan terkait dampak dari mengirim 1.000 putra dan putri NTB ke luar negeri untuk melanjutkan sekolah, masyarakat memberikan nilai 3,22 atau menyetujui program ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) NTB.

"Masyarakat memberikan nilai 3,19 untuk program ini. Sementara terkait pelayanan kesehatan yang dilihat adalah program posyandu, penanganan Covid-19 dan pelayanan rumah sakit provinsi yang berlokasi di Pulau Lombok maupun di Pulau Sumbawa," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk program posyandu, masyarakat menilai positif kinerja tim di lapangan. Masyarakat, lanjut dia, memberikan nilai 3,16 atas pelayanan yang diberikan.

Sementara untuk penanganan Covid-19, secara umum, 95,8% masyarakat menilai mendapatkan pengetahuan baru terkait sosialisasi yang dilakukan pemerintah tentang penanganan dalam penyebaran Covid-19. Sebanyak 91,4% masyarakat NTB menyatakan sosialisasi sebelum pemberian vaksin dapat memberikan ketenangan dalam menghadapi Covid-19.

Dia melanjutkan, nilai positif juga didapatkan oleh pelayanan rumah sakit provinsi NTB di dua pulau, yaitu Lombok dan Sumbawa. Terkait kecepatan dalam pelayanan dan kenyamanan masyarakat, masyarakat memberikan nilai 3 atau menilai bahwa pelayanan di rumah sakit provinsi telah mudah, dan memberikan nilai 3.16 terkait kesopanan dan keramahan petugas di RS tersebut, serta memberikan nilai 3.03 terkait fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut.

Dia memaparkan, ketiga penilaian ini diberikan oleh 13,2% masyarakat NTB yang pernah menerima pelayanan rumah sakit provinsi. Memang, jika dilihat pengguna pelayanan Rumah Sakit Provinsi NTB yang hanya 13,2% sangat kecil.

Akan tetapi, angka ini berindikasi positif. Angka tersebut, sambung dia, menunjukkan puskesmas dan rumah sakit kabupaten di sekitar masyarakat telah baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar.

Sehingga pasien menuju rumah sakit provinsi atau yang harus dirujuk pun kecil. "Sementara terkait penjagaan lingkungan, ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemerintah Provinsi NTB. Tim survei memberikan pertanyaan terkait program zero waste yang menjadi salah satu program unggulan sejak awal pemerintahan Zul-Rohmi," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)