Perkembangan Teknologi Bantu Pekerjaan ASN Jadi Semakin Cepat

Rabu, 01 Desember 2021 - 23:11 WIB
loading...
Perkembangan Teknologi Bantu Pekerjaan ASN Jadi Semakin Cepat
Ilustrasi ASN. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kemajuan teknologi yang dikenal dengan artificial intelligence (AI) banyak membantu pekerjaan manusia. Boleh jadi, ke depan banyak jabatan ASN yang akan dilebur karena pekerjaannya digantikan mesin.

Hal itu mengemuka dalam diskusi publik "Strategi Akselerasi Peyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Berbasis Merit dalam Mewujudkan ASN Berkelas Dunia" di Hotel Savoy Homan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Agus Sudrajat mengatakan, kemajuan teknologi tidak hanya dirasakan bidang administrasi negara seperti ASN, tapi juga bidang lainnya.

Baca juga: Sepekan Disentil Menteri BUMN, Toilet di Bandung Masih Gratis

"Ya, pada akhirnya begitu. Jadi seperti hukum alam," ungkap Agus, Rabu (1/12/2021).

Dilanjutkan Agus, ASN harus terus beradaptasi dengan teknologi. Tetapi, bukan berarti semua pekerjaan bisa digantikan oleh teknologi. Ada kompetensi manusia yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.



Baca: Snack Isi Sabu Gagal Diselundupkan ke Lapas Narkotika Bandung

"Dengan bantuan teknologi pekerjaan akan lebih cepat. Misalnya, awalnya satu pekerjaan dikerjakan oleh 5 orang, nah dengan teknologi pekerjaan itu bisa hanya dilakukan 1 orang," jelas Agus.

Kepala Puslatbang PKASN, Hari Nugraha menambahkan, kemajuan teknologi tidak bisa diartikan mesin menggantikan tenaga manusia. Tetapi, teknologi akan memudahkan pekerjaan setiap manusia.

Baca: Antisipasi Gelombang Tiga COVID-19, Dinkes Kota Bandung Siagakan 946 Tempat Tidur

"Jadi, ASN tinggal masuk ke aplikasi. Mengembangkan. Dengan aplikasi tersebut, pola kerja ASN akan berubah, mereka tetap bisa bekerja dimanapun," pungkasnya.
(hsk)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2508 seconds (11.97#12.26)