Sepekan Disentil Menteri BUMN, Toilet di Bandung Masih Gratis

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:23 WIB
loading...
Sepekan Disentil Menteri BUMN, Toilet di Bandung Masih Gratis
Beberapa toilet SPBU di Bandung masih memberlakukan tarif gratis. Foto: SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Setelah sepekan disentil Menteri BUMN Erick Thohir, sejumlah toilet SPBU di Kota Bandung masih gratis. Masyarakat masih bebas keluar masuk toilet SPBU tanpa harus membayar.

Pantauan di SPBU Cibiru, Kota Bandung, di depan toilet masih bertuliskan Toilet Gratis. Tak ada pertugas atau penjaga toilet yang biasanya menarik tarif. Juga tak ditemukan adanya kotak pengumpul uang.



Hal serupa juga terjadi di toilet SPBU Pertamina, Gedebage. Tak ada pertugas yang menarik tarif toilet. Di bagian pintu, juga masih tertulis dengan jelas "Toilet Gratis".

Kendati begitu, kondisi berbeda terjadi di SPBU Ujungberung, Kota Bandung. Kendati di SPBU ini tertulis dengan jelas Toilet Gratis, namun di bagian depan WC terdapat kotak uang. Walaupun, tidak ada petugas atau tulisan tarif di sekitar kotak uang tersebut.



Menurut salah seorang warga pengguna toilet Adit, kotak uang tersebut memang selalu ada di sana, walau pun ada tulisan toilet gratis. Bahkan, sebelum ada instruksi dari Menteri BUMN, kotak uang itu selalu ada. Walaupun tak ada ketentuan bayar atau tidaknya.

"Ya itu sih tinggal kitanya aja. Kalau ada rezeki ya ngasih, karena mereka kan perlu untuk kebersihan dan air. Kalau menurut saya gak masalah sih," kata dia.

Menurut dia, toilet gratis cukup bagus diterapkan, karena akan sangat membantu. Tapi dia lebih sepakat jika kebijakan itu lebih dipertegas di jalur jalur lintas antar kota. Karena biasanya banyak ditarik oleh petugas.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)