Penampakan Candi Songgoriti Abad 9 Masehi, Konstruksinya Diduga Telah Diubah Belanda

Kamis, 18 November 2021 - 10:58 WIB
loading...
Penampakan Candi Songgoriti Abad 9 Masehi, Konstruksinya Diduga Telah Diubah Belanda
Ekskavasi Candi Songgoriti di Kota Batu, Jawa Timur peninggalan Kerajaan Mataram abad 9 Masehi. Sayang konstruksinya berubah usai dipugar Belanda. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
KOTA BATU - Candi Songgiriti di Kota Batu, Jawa Timur merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Mataram yang dibangun di abad 9 Masehi. Sayang konstruksinya telah berubah saat dipugar di zaman penjajahan Belanda.

Penampakan Candi Songgoriti Abad 9 Masehi, Konstruksinya Diduga Telah Diubah Belanda


Pamong Ahli Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Andi Muhammad Said menerangkan, Candi Songgiriti memang menjadi salah satu candi tertua yang telah ditemukan di Jawa Timur. Bahkan candi ini telah berdiri sebelum Mpu Sindok, raja Mataram.

Baca juga: Didesain dan Dibuat Langsung Firaun, Inilah Detail Bangunan Candi Matahari

“Kalau disebut tertua mungkin belum, tetapi dibanding lain-lain ini termasuk tua, dirikan abad 9 Masehi, sebelum Mpu Sindok. Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno,” ungkap Andi Muhammad Said saat ditemui MNC Portal Indonesia, pada Kamis pagi (18/11/2021).

Kendati merupakan salah satu candi tertua, mantan Kepala BPCB Jatim ini menyatakan, candi tertua di Jatim dipegang oleh Candi Badut. Tetapi jika dibandingkan dengan temuan struktur candi di Pendem, Kota Batu yang diekskavasi pada Februari 2020 lalu dan diidentikan peninggalan Mataram, maka perlu adanya kajian keilmuan kembali.

“(Kalau sama Situs Pendem) Masih belum dikatakan bisa menggeser, masih butuh penelitian dan pembuktian-pembuktian karena yang tua juga Candi Badut, itu tua juga Mataram juga,” terangnya.

Namun ia menyayangkan salah satu candi tertua di Jawa Timur ini berubah konstruksi dari aslinya, diduga setelah adanya pemugaran di zaman Belanda di tahun 1921.

Baca juga: Kehebatan Mpu Nala Panglima Angkatan Laut Majapahit Penguasa Lautan yang Gentarkan Kekaisaran Mongol

Oleh karena itu, BPCB melakukan ekskavasi atau penggalian kedua kalinya, setelah ekskavasi pertama di tahun 2014 lalu untuk mengetahui bentuk asli Candi Songgoriti dan ruang lingkungannya.

“Kita mau melihat lingkungannya seperti apa, kan candi ini berada di atas batur, nah batur yang ada di bangun di masa Belanda kita mau lihat bentuk yang sebenarnya,” kata Andi kembali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1612 seconds (10.177#12.26)