18 Provinsi Waspada Bencana Alam, Salah Satunya Sulsel

Senin, 15 November 2021 - 10:14 WIB
loading...
A A A
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel juga sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi musim hujan ini. Terutama terkait potensi dampak yang akan terjadi di sejumlah daerah di Sulsel.

Kepala Sub Bagian Program BPBD Sulsel , Andi Warham Yusni mengungkapkan, sudah ada tim reaksi cepat (TRC) yang dibentuk untuk menyikapi kondisi musim hujan ini. Mereka akan dikerahkan untuk membantu kabupaten/kota ketikasewaktu-waktu terjadi bencana.

“Perintah Plt Gubernur, bencana apapun, baik kecil atau besar BPBD provinsi harus hadir. Jadi ini kita siagakan 30 orang TRC, bilamana ada bencana itu langsung merespons,” ungkapnya.

BPBD Sulsel juga sudah melakukan pemetaan wilayah yang risiko bencananya masuk dalam kategori bahaya. Misalnya daerah yang rawan banjir bandang, angin puting beliung, hingga tanah longsor.

“Yang tinggi itu memang di daerah Luwu Raya. Toraja Utara juga masuk, Tanah Toraja juga sebgian, terus Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo juga. Peta bahayanya memang di situ,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah mengeluarkan imbauan kepada bupati/wali kota se-Sulsel untuk menyiapsiagakan semua unsur terkait penanggulangan bencana. Khsusnya dalam melakukan pencegahan.

“Pencegahan di sini dalam arti bagaimana kita mengurangi risiko bencana atau dampak bencana. Jadi ketika umpamanya ada banjir tidak ada korban jiwa, luka-luka, itu kita minimalisasi, maupun kerugian harta benda,” sambungnya.



Warham menambahkan, memang berdasarkan hasil koordinasi dengan BMKG prakiraan cuaca pada November berpotensi terjadi fenomena la nona, dengan intensitas moderanya sampai dengan Februari 2022 mendatang.

Maka dari itu, BPBD Sulsel sudah menyiapkan logistik bencana sebagai bentuk respons cepat. Untuk penanganan bencana ini, mereka menyiapkan 6.240 paket bantuan yang disebar ke 24 kabupaten/kota.

“Kita siapkan sekitar 2.160 logistik pangan, 1.140 perlengkapan keluarga, 1.140 perlengkapan bayi, selter kit, dengan selimut. Kita sudah distribusikan ke semua BPBD kabupaten/kota sejak September kemarin,” urainya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0051 seconds (0.1#10.140)