Miris! Taman Makam Pahlawan Pasir Cikur Tidak Terawat, Terancam Dijadikan Galian Pasir

Jum'at, 12 November 2021 - 04:46 WIB
loading...
A A A
Dikatakannya, perawatan yang dilakukan secara swadaya dikarenakan memang tidak ada alokasi bantuan atau perhatian khusus dari Pemda KBB. Terlebih saat pembangunan infrastruktur taman makam pahlawan tersebut juga dilakukan swadaya.



Selain minim perawatan, makam pahlawan penanda perlawanan rakyat Bandung Barat ini terancam oleh keberadaan tambang pasir. Kompleks makam itu hanya berbatasan sekitar 3 meter dari lokasi tambang. Bahkan, pemilik tambang telah meminta izin untuk menggunakan lahan tersebut, tapi oleh warga ditolak.

Tidak hanya itu, lokasinya yang tidak jauh dari lokasi tambang membuat kompleks makam pahlawan tersebut terancam longsor. Itu dikarenakan tidak ada tembok penahan atau benteng yang melindungi.

Sedangkan warga tetap bersikukuh untuk menjaga makam sebagai penghargaan kepada pejuang bangsa terdahulu.



Atas dasar tersebut, warga berharap kepada Pemda KBB supaya ada perhatian agar makam tersebut dikelola sebaik mungkin seperti taman-taman pahlawan di daerah lain.

Selain itu, penataan infrastruktur juga perlu ditambah untuk melindungi dari longsor dan kegiatan upacara saat momen 17 Agustus atau peringatan Hari Pahlawan 10 November.

"Inginnya makam ini ditata, meski makam pahlawan tak dikenal tapi paling tidak bisa mengingatkan generasi mendatang akan perjuangan pendahulunya. Syukur-syukur kalau kawasannya ditata dan bisa jadi tempat upacara," tuturnya.
(hsk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)