Miris! Taman Makam Pahlawan Pasir Cikur Tidak Terawat, Terancam Dijadikan Galian Pasir

Jum'at, 12 November 2021 - 04:46 WIB
loading...
Miris! Taman Makam Pahlawan Pasir Cikur Tidak Terawat, Terancam Dijadikan Galian Pasir
Taman makam pahlawan Pasir Cikur Bandung Barat tidak terawat. Foto: Adi/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki sejumlah taman makam pahlawan, baik makam tokoh nasional hingga makam pahlawan yang tidak dikenal.

Beberapa di antaranya, seperti taman makam pahlawan tidak dikenal di Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar di pinggir aliran Waduk Saguling.

Kemudian ada lagi taman makam pahlawan di Pasir Cikur, Kampung Cadas Gorowong, RT 01/06, Campaka Mekar Padalarang, Kecamatan Padalarang.



Sayangnya, keberadaan situs taman makam pahlawan itu sering kali kurang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah.

Padahal, setiap tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan negara kepada jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Tanah Air.

Seperti yang terlihat di Taman Makam Pahlawan Pasir Cikur di Kampung Cadas Gorowong, RT 01/06, Campaka Mekar Padalarang, Kecamatan Padalarang.



Di tempat ini banyak ditumbuhi rumput liar yang menandakan jika makam pahlawan tersebut minim perawatan. Belum lagi banyaknya sampah yang berserakan dan mengotori makam.

"Perawatan makam pahlawan ini hanya dilakukan swadaya oleh masyarakat. Kalau ada pembenahan sedikit-sedikit, misalnya dicat, ya pas momen 17 Agustus," terang Ketua RT 01, Rosid Manan, Rabu (10/11/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6874 seconds (0.1#10.140)