Salat Jumat Pertama saat Pandemi di Gubernuran, Begini Penampakannya

Jum'at, 05 Juni 2020 - 13:48 WIB
loading...
Salat Jumat Pertama saat Pandemi di Gubernuran, Begini Penampakannya
Suasana pelaksanaan salat Jumat berjamaah untuk kali pertamanya digelar di gedung Gradhika Bhakti Praja saat pandemi COVID-19. FOTO/Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar salat Jumat berjamaah di gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks kantor Gubernur Jateng, Semarang, Jumat (5/6/2020). Setelah sekian lama tak melaksanakan salat Jumat karena pandemi, ini adalah kali pertama Ganjar salat Jumat berjamaah.

Pelaksanaan salat Jumat di Gradhika Bhakti Praja tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Jamaah yang diperbolehkan ikut dibatasi hanya 100 orang. Selain Ganjar , sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemprov Jateng, termasuk Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen juga mengikuti pelaksanaan salat Jumat itu.

Sejak masuk ke lokasi seluruh jamaah dicek kesehatannya oleh petugas. Mereka juga wajib memakai masker dan handsanitizer sebelum masuk ruangan. Di dalam ruangan, jamaah salat Jumat dibatasi jarak menggunakan lakban. Khotbah yang dibacakan juga sangat pendek, yakni hanya sekitar tujuh menit.( )

Selain protokol kesehatan, ada yang beda dari pelaksanaan salat Jumat di Gradhika itu. Yakni adanya bacaan Qunut Nazilah atau doa berlindung dari bencana sebelum sujud rakaat terakhir. "Ini salat Jumat pertama saya sejak pandemi. Memang umat sudah rindu untuk bisa melaksanakan salat Jumat seperti ini, termasuk saya. Makanya hari ini kita coba laksanakan untuk latihan," kata Ganjar ditemui usai salat.

Pelan-pelan, lanjut dia, semua harus dipersiapkan dengan matang. Masyarakat butuh contoh agar memahami kondisi ini.

"Maka saya sengaja menggelar salat Jumat hari ini. Saya tidak memilih di masjid, tapi di Gradhika untuk mengatur semuanya. Tadi jamaah yang mau ikut 200, saya minta 100 saja. Ini tadi mendadak, jadi sekalian mau saya lihat apakah bisa berjalan, kalau di sini kan jamaahnya kawan-kawan ASN, jadi lebih mudah diatur," katanya.

Dari pelaksanaannya itu, ia melihat semua sudah berjalan sesuai harapan. Protokol dijalankan ketat dan semua tertib.

Terkait pelaksanaan Jumatan di tempat lain, Ganjar mengatakan kemungkinan belum semuanya. Bersama MUI, pihaknya mengatakan sudah menggelar rapat dan belum membolehkan seluruh daerah di Jawa Tengah melaksanakan salat Jumat di masjid.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2505 seconds (0.1#10.140)