Ini Langkah Konkret bank bjb Bangun Ekosistem Ekonomi Perdesaan

Sabtu, 06 November 2021 - 15:54 WIB
loading...
A A A
Dengan adanya agen Laku Pandai bank bjb di desa, masyarakat desa tersebut akan dimudahkan dalam mengakses layanan keuangan. Transfer dana tak perlu lagi harus ke kantor bank, atau datang ke kota untuk mencari ATM.

Program pemberdayaan masyarakat desa juga dilakukan bank bjb dengan mendigitalisasi UMKM. Para pelaku usaha di perdesaan bisa menggunakan QRIS bank bjb di toko atau merchant miliknya. Pemanfaatan QRIS ini sangat cocok diterapkan di desa wisata untuk memudahkan wisatawan melakukan pembayaran.

Salah satu desa binaan bank bjb yang telah dicanangkan sebagai desa digital adalah Desa Digital Parakan di Kabupaten Karawang. Peresmian desa digital ini dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Tak hanya memberi pelatihan, bank bjb juga menyediakan berbagai program pinjaman bagi warga yang membutuhkan modal usaha. Di antara bjb Mesra bagi komunitas di rumah ibadah. Program hasil kerja sama dengan Pemprov Jabar ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan pinjaman tanpa bunga ini.

Sementara bagi yang sudah memiliki usaha, juga bisa mengakses kredit usaha rakyat (KUR) bank bjb untuk kredit dengan bunga subsidi pemerintah.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, beberapa program bank bjb terhadap pengembangan keadaan perdesaan adalah komitmen perseroan membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Ini sejalan dengan visi misi bank bjb sebagai bank yang ikut andil membangun negeri.

Keikutsertaan bank bjb membangun desa, juga bentuk konkret perseroan agar ekonomi desa bisa lebih maju dan sustain. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat bisa lebih merata hingga pelosok desa. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)