Ini Langkah Konkret bank bjb Bangun Ekosistem Ekonomi Perdesaan

Sabtu, 06 November 2021 - 15:54 WIB
loading...
Ini Langkah Konkret bank bjb Bangun Ekosistem Ekonomi Perdesaan
Salah satu pengembangan perdesaan bank bjb melalui agen bjb Laku Pandai.
A A A
BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) berkomitmen mendukung program pemerintah dengan turut serta membangun ekosistem ekonomi berkelanjutan di perdesaan. Komitmen ini ditunjukkan bank bjb dengan terus meningkatkan akses keuangan desa binaan di Jawa Barat.

Tak dipungkiri, perkembangan ekonomi yang cukup pesat masih banyak terpusat di kota-kota besar. Akibatnya, sering terjadi urbanisasi penduduk desa ke kota untuk mencari peruntungan ekonomi. Penyebabnya, karena tidak ada lapangan kerja atau sumber penghasilan di perdesaan.

Padahal, secara market, perdesaan juga memiliki potensi pasar dan kekayaan alam yang tak kalah bagus dibanding perkotaan. Apalagi di tengah perkembangan teknologi komunikasi yang cukup pesat, tak ada batasan antara desa dan kota. Gubernur Jabar Ridwan Kamil bahkan selalu menyebut, 'tinggal di desa tapi rezeki kota', berkaca pada potensi dan kemudahan teknologi saat ini.

Kendati begitu, harapan akan majunya ekonomi perdesaan, khususnya di Jawa Barat, tidak akan terlaksana tanpa campur tangan semua pihak. Tak hanya pemerintah, tetapi unsur lainnya yang memiliki kapasitas dalam membantu pengembangan ekosistem ekonomi desa.

Sebagai bank yang memiliki visi dan misi membangun negeri, bank bjb ikut ambil bagian pada program membangun desa. Dimulai dengan dukungan bank bjb terhadap program One Village One Corporate (OVOC) untuk desa desa di Karawang, Sumedang, dan Garut.

Melalui program yang digagas Pemprov Jabar ini, bank bjb memiliki beberapa desa binaan untuk mendapatkan pelatihan usaha, akses keuangan, peluang bisnis, hingga perluasan pangsa pasar atas produk yang dihasilkan di desa tersebut.

Pengembangan ekonomi desa yang lebih sustain dimulai dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku ekonomi dan warga desa. Untuk menggelar pelatihan ini, bank bjb memiliki program Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Terpadu atau akrab disebut Pesat.

Pesat bank bjb hadir memberikan berbagai materi peluang usaha, manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran, hingga pemahaman akan kemudahan mengakses keuangan di bank bjb. Pesat juga memberikan pendampingan terhadap pelaku usaha yang baru saja merintis bisnis agar lebih maju.

Tak hanya itu, pembinaan masyarakat desa yang dilakukan bank bjb juga ditunjukkan melalui peluang usaha sektor keuangan. Di mana, masyarakat desa bisa menjadi agen Laku Pandai bank bjb (bjb BiSA). Agen bjb BiSA akan mendapatkan tambahan penghasilan dari imbal jasa layanan tanpa kantor.

Dalam praktik usahanya, Agen bjb BiSA Laku Pandai dapat melayani berbagai kebutuhan transaksi perbankan masyarakat. Diantaranya pembukaan rekening, penyetoran dan penarikan tunai, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, transfer dana, pengecekan saldo, penutupan rekening, dan transaksi terkait layanan atau jasa keuangan lain sesuai ketentuan yang berlaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)