Wali Kota Mojokerto Raih KDI 2021 Berkat Inovasi Inkubasi Wirausaha

Jum'at, 05 November 2021 - 23:17 WIB
loading...
Wali Kota Mojokerto Raih KDI 2021 Berkat Inovasi Inkubasi Wirausaha
Wali Kota Mojokerto, Jawa Timur, Hj. Ika Puspitasari, S.E atau yang akrab disapa Ning Ita, berhasil meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 untuk Kategori Ekonomi.
A A A
JAKARTA - Wali Kota Mojokerto, Jawa Timur, Hj. Ika Puspitasari, S.E atau yang akrab disapa Ning Ita, berhasil meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 untuk Kategori Ekonomi. Penghargaan ini merupakan apresiasi dari KORAN SINDO dan SINDOnews.com yang tergabung dalam MNC Portal Indonesia.

Acara Kepala Daerah Inovatif 2021 disiarkan secara langsung di 4 televisi, yaitu MNC TV, GTV, RCTI, dan INews, dan sudah terintegrasi dari TV, portal berita online, dan radio.

KDI 2021 yang mengusung tema "Kepala Daerah Indonesia Menjawab Tantangan Hidup Bersama Pandemi", dibagi menjadi empat kategori inovasi yang dilakukan para kepala daerah, yakni Pelayanan Publik, Kesehatan, Pendidikan, dan Ekonomi.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo hadir membuka Malam Puncak Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 di iNews Tower, Jakarta, Jumat (5/11/2021) malam. "Mudah-mudahan banyak masyarakat mengetahui acara ini. Yang dinilai KDI terkait ekonomi, kesehatan, pelayanan masyarakat, dan pendidikan, dan inovasi memang sangat penting, Saya ucapkan terima kasih atas dukungan kepada acara ini, dan selamat kepada para pemimpin daerah penerima award ini, karena di pandemi masih bisa memajukan ekonomi daerah, karena masih banyak masyarakat terdampak," pungkas Hary Tanoe.

Hary Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa acara tersebut sebagai apresiasi kepada kepala daerah yang inovasinya tinggi, dan juga memberikan inspirasi kepada daerah lain untuk memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat yang dipimpinnya. "Acara Kepala Daerah Indonesia (KDI) ini salah acara untuk mengapresiasi kepala daerah yang memiliki inovasi tinggi dalam situasi yang tak mudah seperti sekarang karena pandemi. Juga kepala daerah yang memberi inspirasi. Kalau daerah maju, maka Indonesia akan luar biasa maju pesat," ujarnya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi Kepala Daerah Inovatif yang terus menciptakan terobosan kebijakan terkait pemberdayaan koperasi dan UMKM di tengah situasi pandemi COVID-19 dan persaingan global.

"Dalam situasi seperti saat ini, pemimpin daerah dituntut memberikan inovasi yang dapat berdampak terhadap masyarakat dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah masing-masing," kata Teten yang hadir di acara penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 di iNews Tower Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Dia melihat praktik di banyak negara lain dalam situasi pandemi ini, di mana yang harus dilakukan pemerintah daerah (pemda) adalah, seperti mengoptimalkan bantuan pemerintah, mendorong penyediaan situs usaha terintegrasi, dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk bermitra dengan pemda.



Di masa pendemi di banyak negara idealnya praktik yang harus dilakukan pemerintah daerah misalnya mengoptimalkan bantuan pemerintah, mendorong usaha lokal, akses penjualan secara online, konsultasi bisnis dan pelatihan dan juga penyederhanaan aturan dan penyediaan situs usaha yang terintegrasi dan memberikan kesempatan bagi UMKM bermitra dengan pemerintah daerah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1162 seconds (10.55#12.26)