Triwulan Ketiga, Serapan Anggaran Pemprov Sulsel di Bawah 50%

Kamis, 28 Oktober 2021 - 11:13 WIB
loading...
Triwulan Ketiga, Serapan Anggaran Pemprov Sulsel di Bawah 50%
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Realisasi APBD 2021 yang masih rendah dialami Pemprov Sulsel . Capaian anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) masih di bawah 50%.

Data yang dirilis Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) Sulsel tercatat, serapan anggaran triwulan ketiga secara kumulatif baru 46,96% atau Rp5,870 triliun (T) dari total anggaran yang dikelola senilai Rp12,502 T di APBD 2021.

Baca Juga: Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel
Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis berdalih, rendahnya realisasi keuangan lantaran alokasi anggaran pembangunan Stadion Mattoanging masih tercantum di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Nilainya mencapai Rp1,2 triliun yang acuannya masih berdasarkan pada APBD Pokok 2021.

Sementara, dalam APBD Perubahan 2021 Pemprov Sulsel, skema anggaran pembangunan stadion sudah berubah. Anggaran konstruksi Rp1,2 triliun itu tidak lagi tercantum dalam DPA Dispora Sulsel yang rencana awal sumber dananya berasal dari pinjaman daerah, bukan APBD murni.

“Itu karena anggaran (Stadion) Mattoanging masih ada dalam struktur APBD dan di DPA Dispora masih tercantum. Sementara tidak dapat direalisasikan karena itu sumber dananya bukan dari APBD murni tapi melalui rencana pinjaman daerah yang batal dilakukan,” urai Arwin, belum lama ini.

Baca Juga: Dispora Sulsel
“Jadi ditriwulan keempat itu sudah tidak ada karena sudah ada Perubahan APBD yang mengurangi anggaran pembangunan Stadion Mattoanging . Kalau dihilangkan itu (biaya konstruksi) Mattoanging, anggarannya pasti langsung di atas 60%,” jelas Arwin.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengakui, faktor minimnya serapan lantaran masih terdampak kebijakan refocusing anggaran. Kebijakan yang dikatakan membuat program kegiatan di tiap OPD turut terkendala.

Baca juga:Plt Gubernur Sulsel Bahas Peluang Kerja Sama dengan Dubes Republik Ceko

Kendati begitu, dia menilai progresnya cukup baik di tengah berbagai hambatan yang ada. Pihaknya optimistis, serapan anggaran sudah bisa dipacu memasuki triwulan keempat 2021.

“APBD di luar dari anggaran pusat sudah 60% lebih, mendekati 70%. Kita berharap kita tidak terpengaruh lagi bahwa triwulan keempat merupakan finalisasi saja,” jelas Darmawan Bintang.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)