Diseret ke Pengadilan, Pidi Baiq Tuntut The Panasdalam Bank

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 11:47 WIB
loading...
A A A
Luas negara NKRTPD berukuran 8x10 meter dengan jumlah penduduk 18 orang. Deni Roden diangkat sebagai presiden pertama dan Pidi Baiq mengajar dirinya sebagai Imam Besar.

Desember 2004, mereka berubah menjadi The Panasdalam Band dan merilis album perdana bertajuk Only Ninja Can Stop Me Now secara independen. Pertengahan 2005, The Panasdalam Band sempat dua kali tampil di salah satu stasiun televisi nasional dan menyebabkan Imam Besar The Panasdalam membubarkan The Panasdalam Band. Alasannya: "The Panasdalam harus kembali ke tujuan semula, untuk tidak masuk TV, tetapi lebih memilih masuk surga."

Tahun 2014, mereka merilis album Only Almarhum Ninja Can Stop My Tamborine. Tahun 2006, mereka kembali dengan nama The Panasdalam Bank. Kata 'Bank' diambil untuk tujuan pencitraan, agar muncul kesan bahwa mereka selalu banyak uang. Terbukti, nama tersebut membawa hoki dengan rilisnya album soundtrack Koboy Kampus di tahun 2018.

Nama mereka semakin melejit setelah merilis album soundtrack Voor Dilan tahun 2019 untuk film 'Dilan 1990'. Proyek ini berlanjut untuk film berikutnya, 'Milea' dengan judul album Voor Milea yang rilis tahun 2020.
Diseret ke Pengadilan, Pidi Baiq Tuntut The Panasdalam Bank

Pada 17 September 2021, The Panasdalam Bank telah merilis single baru berjudul 'Kamu Orang Gula' dan dipublikasikan melalui platform musik digital. Ini merupakan single pertama dalam rangkaian EP berjudul Yes I Am The Panasdalam Bank yang direncanakan rilis tahun ini.

Sang vokalis, Alga menyebut, pengalamannya bisa sepanggung kembali dengan Pidi Baiq. Tidak lagi terlibat dalam 'kepemerintahan' The PanasDalam Bank, para personel membuktikan di panggung DCDC Pengadilan Musik kalau mereka sudah independen tanpa bayang-bayang sosok ayah lagi.

"Ini jadi kejutan dan jadi bukti kalau sekarang The Panasdalam Bank itu independen, jadi memang secara otonomi berdiri sendiri, dan ayah sudah mulai menyerahkan seluruhnya The Panasdalam Bank ma jalan aja, berkarya dan manggung seperti biasa," kata Alga.

Meski sudah tidak ada lagi campur tangan Pidi Baiq, namun para personel tetap konsultasi perihal lagu. Dikenal sebagai penulis dan pencipta lagu-lagu The Panasdalam Bank, mereka tidak mau melepaskan kecirikhasan dari band tersebut.

"Kalau urusan lagu dan lainnya masih melibatkan (ayah), karena dia kan yang bikin lagu jadi pasti ngobrol. Cuma sekarang ayah lebih di belakang panggung saja, jadi sudah tidak nyanyi lagi, ada style bermusik yang kita sesuaikan dengan ayah," tuturnya.

Mengenai proyek minialbum terbarunya, Alga dan kawan-kawan sepakat merilisnya satu per satu. Dimulai dengan lagu 'Kamu Orang Gula', The Panasdalam Bank akan melanjutkannya dengan single kedua dan ketiga, baru di single keempat hingga enam, mereka melepas seluruhnya dalam bentuk mini album.

Sementara itu, Pidi Baiq mengatakan, The Panasdalam Bank adalah masa lalu buatnya. Selama jalannya persidangan, pria yang akrab disapa ayah itu banyak mengulang memori masa-masanya membentuk NKRTPD dan The Panasdalam Bank.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)